Senin, 06/05/2024 16:16 WIB

AS Nyatakan Penyebaran Penyakit Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Masyarakat

AS nyatakan penyebaran penyakit cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat.

Tabung reaksi berlabel Monkeypox virus positive terlihat dalam ilustrasi ini yang diambil pada 23 Mei 2022. (Foto: REUTERS/Dado Ruvic)

JAKARTA, Jurnas.com - Pejabat kesehatan masyarakat Amerika Serikat (AS) menyatakan penyebaran penyakit cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat. Deklarasi tersebut akan membebaskan sumber daya pemerintah tambahan untuk membantu menahan penyebaran virus.

"Kami siap untuk mengambil tanggapan kami ke tingkat berikutnya dalam mengatasi virus ini, dan kami mendesak setiap orang Amerika untuk menganggap cacar monyet dengan serius," kata Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, Xavier Becerra pada briefing Kamis (4/8).

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), pada 3 Agustus, lebih dari 6.600 kasus penyakit telah dikonfirmasi di AS.

Penyakit ini dapat menimbulkan gejala seperti demam, sakit kepala, nyeri, menggigil, dan ruam yang bisa terasa gatal dan nyeri, namun jarang berakibat fatal. Tidak ada kematian yang dilaporkan di AS.

"Cacar monyet dapat menyebar dari saat gejala mulai sampai ruam sembuh, semua keropeng telah hilang, dan lapisan kulit baru telah terbentuk," kata situs web CDC. "Penyakit ini biasanya berlangsung 2-4 minggu."

Penyakit ini dapat menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit yang lama dan dekat, termasuk berpelukan, berpelukan dan berciuman, dan berbagi tempat tidur, handuk, dan pakaian. Pejabat kesehatan telah menekankan bahwa siapa pun dapat tertular penyakit ini, meskipun pria yang berhubungan seks dengan pria lebih mungkin terkena.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga mengkritik beberapa liputan berita tentang virus tersebut, memperingatkan bahwa jurnalisme yang buruk dapat memperkuat stereotip homofobia dan rasis dan memperburuk stigma.

Pemerintahan Biden telah menghadapi kritik karena kegagalannya untuk memastikan ketersediaan vaksin untuk penyakit tersebut, yang berkontribusi pada kekurangan di kota-kota seperti New York dan San Francisco.

Awal pekan ini, Gedung Putih menunjuk pejabat dari Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) dan CDC untuk bertindak sebagai koordinator Gedung Putih untuk memerangi wabah tersebut.

Di seluruh AS, sejumlah negara bagian dan kotamadya telah mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat. California, yang memiliki 826 kasus yang dikonfirmasi, menyatakan keadaan darurat pada 1 Agustus, dan negara bagian New York, yang memiliki 1.666 kasus yang dikonfirmasi, membuat pengumuman serupa pada 29 Juli.

Organisasi kesehatan internasional juga telah menanggapi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan penyebaran cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional (PHEIC), tingkat kewaspadaan tertinggi organisasi kesehatan global, pada 23 Juli.

Kasus telah dilaporkan di lebih dari 70 negara di mana penyakit ini biasanya tidak ada, dan CDC mengatakan lebih dari 26.000 kasus telah dilaporkan di seluruh dunia.

Cacar monyet tidak diketahui sebagai virus menular seksual, tetapi kontak seksual merupakan kontak dekat, salah satu rute utama penyebaran virus.

PBB menyarankan untuk membatasi jumlah pasangan seksual yang dimiliki seseorang untuk mengurangi risiko penularan. Sementara laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki memiliki kemungkinan yang tidak proporsional untuk terpengaruh, pejabat publik telah menekankan bahwa siapa pun dapat tertular cacar monyet.

"Kami tahu bahwa virus ini berdampak pada semua orang secara setara – tetapi kami juga tahu bahwa mereka yang berada di komunitas LGBTQ kami berada pada risiko yang lebih besar saat ini," kata Walikota San Francisco London Breed dalam pernyataan 28 Juli yang menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat setempat.

"Beberapa minggu yang lalu, Departemen Kesehatan Masyarakat San Francisco meminta 35.000 vaksin untuk mulai mendapatkan mereka yang paling berisiko tertular virus," kata Breed.

"Sejauh ini, dalam tiga minggu terakhir, kami hampir tidak menerima sepertiga dari permintaan itu … kami akan membutuhkan lebih dari 35.000 vaksin untuk melindungi komunitas LGBTQ kami dan untuk memperlambat penyebaran virus ini," tambahnya.

Sumber: Aljazeera

KEYWORD :

Darurat Kesehatan Masyarakat Cacar Monyet Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :