Minggu, 19/05/2024 21:19 WIB

Nyelekit! Baim Wong "Diomeli" Ridwan Kamil gegara Citayam Fashion Week

Nyelekit! Baim Wong

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Ecka Pramita/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menanggapi kontroversi didaftarkannya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Citayam Fashion Week (CFW) ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), yang dilakukan artis Baim Wong.

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil ini, langkah yang dilakukan oleh Baim Wong tidak tepat. Sebab, Citayam Fashion Week murni usaha anak-anak jalanan untuk mengekspresikan karya mereka di bidang fesyen.

"Tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula," kata Kang Emil dalam postingan Instagramnya pada Senin (25/7).

Kang Emil menuturkan, apabila Citayam Fashion Week diformalkan atau dimewahkan, berpeluang akan menghilangkan tujuan dan maksud ajang tersebut. Gerakannya pun terancam `mati muda`.

"Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu-individu di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur," kata Ridwan Kamil.

"Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda," imbuh dia.

Oleh karena itu, Kang Emil mengimbau Baim Wong untuk mencabut pendaftaran HAKI di Kemenkumham sebelum pengajuan tersebut disahkan.

"Anda dan istri sudah hebat punya kerja-kerja luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini," tutup Kang Emil.

KEYWORD :

Citayam Fashion Week HAKI Baim Wong CFW Ridwan Kamil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :