Minggu, 28/04/2024 01:41 WIB

Kementan Tingkatkan Kapasitas Penyuluh Melalui Bimtek

Kementan Tingkatkan Kapasitas Penyuluh Melalui Bimtek

Bimbingan Teknis. Foto: Ist

Tangerang, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta bahwa seluruh insan pertanian untuk melek teknologi.

Untuk itu, Kementerian Pertanian selalu berupaya meningkatkan kapasitas SDM pertanian, termasuk penyuluh, melalui pelatihan atau bimbingan teknis.

“Segala sektor telah menggunakan teknologi. Begitu juga dengan pertanian. Oleh karena itu, kita harus siapkan semua sumber daya manusia agar melek teknologi,” ujar Mentan SYL.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menegaskan hal serupa. Menurutnya, diperlukannya SDM yang handal di bidang pertanian.

BPPSDMP sudah menyiapkan dan mengantisipasi hal tersebut. Di antaranya dengan memperkuat BPP serta melengkapinya dengan internet dan komputer,” ujarnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pusat Penyuluhan Pertanian mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas BPP dan Pengembangan Media Penyuluhan Tercetak di lokasi IPDMIP.

Kegiatan dilaksanakan 21 Juli sampai 23 Juli 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) – BSD City, Tangerang.

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian (Kapusluh), Bustanul Arifin Cahya, mengatakan kegiatan ini sangat penting. Mengingat peran penyuluh pertanian dalam pemberdayaan dan pemanfaatan teknologi informasi digital untuk meningkatkan produksi dan produktivitas di lokasi IPDMIP.

“Saat ini masih perlunya media tercetak untuk mencapai para petani yang berada di pelosok agar materi penyuluhan tersampaikan,” ujar Bustanul.

Kapusluh mengatakan, penyuluh pertanian harus hafal lima fungsi Kostratani dan harus dapat menerapkan, dan berpikir untuk menjadikan BPP berfungsi dengan baik.

“Sudah seharusnya penyuluh swadaya mempunyai kemampuan secara teknis dan juga kepemimpinan,” jelasnya.

Hadir pada pembukaan kegiatan Koordinator  Kelembagaan dan Ketenagaan, Joko Samiyono,  yang menyampaikan bahwa Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Balai Penyuluhan Pertanian bertujuan untuk  meningkatkan kompetensi penyuluh atau koordinator penyuluh dalam mengelola dan mengoptimalkan peran BPP.

Yaitu mengimplementasikan lima peran Kostratani sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis dan pusat jejaring kemitraan; serta memperkuat peran pelaksanaan penyuluhan pertanian oleh BPP.

Sedangkan kegiatan Pertemuan Pengembangan Media Penyuluhan Tercetak bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penyuluh pertanian dalam mengolah, menyusun dan mengemas materi penyuluhan pertanian dengan kreatifitas dan inovatif dalam bentuk media penyuluhan tercetak sehingga lebih menarik dan mudah dipahami oleh petani maupun masyarakat pada umumnya. Dan memotivasi Penyuluh Pertanian dalam pembuatan media penyuluhan tercetak.

Kegiatan ini diikuti 30 peserta yang terdiri dari penyuluh pertanian wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Lampung di lokasi IPDMIP.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk nyata bentuk perhatian pemerintah dalam meningkatkan kemampuan penyuluh pertanian. Peningkatan kapasitas penyuluh ini merupakan tuntutan agar mereka lebih percaya diri dalam melakukan pendampingan kepada petani, pelaku utama dan pelaku usaha, khususnya di lokasi IPDMIP.

KEYWORD :

Kapasitas Penyuluh Bimtek IPDMIP Bustanul Arifin Cahya BPPSDMP Dedi Nursyamsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :