Jum'at, 03/05/2024 15:14 WIB

Politisi PDIP Ini Diduga Jadi Calo Proyek Bakamla

Terkait proses penyidikan kasus ini, Fahmi diketahui telah dua kali diagendakan diperiksa penyidik KPK. Dia diperiksa dalam kapastasnya sebagai saksi.

Foto kantor KPK

Jakarta - Ali Fahmi atau Fahmi Habsyi diduga sebagai calo proyek satelit monitor di Bakamla. Politikus muda PDIP ini,  merupakan pihak yang menjadi  penghubung Direktur Utama PT Merial Esa (ME), Fahmi Dharmawansyah dengan Deputi Informasi Hukum dan Kerjasama Badan Keamanan Laut (Bakamla), Eko Susilo Hadi untuk mendapat proyek tersebut.

Maqdir Ismail, pengacara Fahmi Dharmawansyah mengklaim jika kliennya lebih banyak berhubungan dengan Fahmi Habsyi. Sebab, Fahmi memiliki koneksi dengan sejumlah pejabat di Bakamla. Karena itu, Maqdir mengklaim kliennya tak pernah berhubungan dengan pejabat Bakamla untuk menggarap proyek satelit monitor.

"Pak Fahmi hampir tidak pernah berhubungan dengan orang-orang di Bakamla, dia lebih banyak berhubungan dengan Fahmi Al Habsyi ini," ujar Maqdir di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/1/2017).

Maqdir tak menampik jika Fahmi menjadi penghubung antara kliennya dengan pejabat Bakamla. Termasuk Eko Susilo Hadi. Sayangnya, Maqdir enggan membeberkan lebih jauh mengenai peran Fahmi dalam kasus ini. Yang jelas, kata Maqdir, kliennya dan Fahmi berbeda perusahaan. "Yah salah satu (penghubungnya) yang disebut itu pak Fahmi Al Habsyi itu," ungkap dia.

Terkait proses penyidikan kasus ini, Fahmi diketahui telah dua kali diagendakan diperiksa penyidik KPK. Dia diperiksa dalam kapastasnya sebagai saksi. Juru Bicara KPK, Febri Diansyah tak menepis jika pemeriksaan itu dilakukan karena Fahmi memiliki koneksi dengan sejumlah pejabat Bakamla.

Sayangnya, Febri masih belum mau mengungkap lebih lanjut mengenai sepak terjang Fahmi. Pun saat dikonfirmasi apakah Fahmi sebagai pihak yang mengatur suap ini. Yang jelas, kata Febri, pihaknya masih mendalami peran Fahmi Habsyi dan hubungannya dengan suami Inneke itu. "Diduga punya relasi dengan pejabat bakamla sehingga dibutuhkan keterangannya," ujar Febri.

KEYWORD :

Suap Bakamla Fahmi Darmawansyah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :