Kamis, 02/05/2024 22:52 WIB

KPK Baru Umumkan Cegah Bupati Mamberamo Tengah ke Luar Negeri

Informasi pencegahan ini mengemuka setelah ramai pemberitaan Ricky kabur ke Papua Nugini.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru menginformasikan upaya pencegahan ke luar negeri terhadap Bupati Mamberamo Tengah Papua, Ricky Ham Pagawak, Senin (18/7).

Informasi pencegahan ini mengemuka setelah ramai pemberitaan Ricky kabur ke Papua Nugini. Dia dilaporkan kabur ke Papua Nugini melalui jalan setapak antara Skouw, Indonesia - Wutung, Papua Nugini.

"Untuk kebutuhan proses penyidikan, KPK sebelumnya telah mengajukan tindakan cegah bepergian keluar negeri," Plt. Juru Bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Senin, (18/7).

Ricky menjadi tersangka KPK dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pelaksanaan berbagai proyek di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamberamo Tengah, Provinsi Papua.

Dia dicegah ke luar negeri bersama tiga orang lainnya selama enam bulan. Di mana, surat pencegahan diterbitkan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM).

"Tindakan cegah ini, berlaku terhitung sejak bulan Juni 2022 sampai 6 bulan kedepan," kata Ali.

Namun, Ali Fikri tak menyebut tiga pihak lain yang turut dicegah ke luar negeri. Berdasarkan informasi yang diterima, mereka yang dicegah ialah Direktur Utama PT Bina Karya Raya/ Komisaris Utama PT Bumi Abadi Perkasa, Simon Pampang.

Kemudian, Direktur Utama PT Bumi Abadi Perkasa Jusieandra Pribadi Pampang; dan Direktur Utama PT Solata Sukses, Marten Toding.

Jika dibutuhkan, kata Ali, KPK akan memperpanjangan masa pencegahan ke luar negeri terhadap keempat orang tersebut. Langkah ini agar keempatnya koperatif terhadap proses hukum.

"Langkah cegah ini, sebagai salah satu upaya agar pihak-pihak yang terkait dengan perkara ini, dapat kooperatif hadir memenuhi panggilan Tim Penyidik," kata Ali.

Sebelumnya, Ricky mangkir dari panggilan KPK sebanyak dua kali. Ketika hendak dijemput paksa oleh tim penyidik, Ricky berhasil melarikan diri.

Dalam proses penyidikan kasus ini, penyidik KPK telah melakukan penggeledahan di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jakarta Pusat, dan Kabupaten Sleman, serta DI Yogyakarta pada 6 Juli 2022.

Salah satu lokasi yang digeledah ialah rumah kediaman dan apartemen Ricky. Dari penggeledahan dimaksud, penyidik KPK mengamankan barang bukti dokumen transaksi aliran uang yang diduga mengalir ke pihak yang terkait dengan perkara.

KEYWORD :

KPK Bupati Mamberamo Tengah Kabur Tersangka Korupsi Ricky Ham Pagawak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :