Selasa, 30/04/2024 19:02 WIB

Bom Mobil Tewaskan Pemimpin Kota di Ukraina yang Diduduki Rusia

Bom mobil tewaskan pemimpin kota di Ukraina yang diduduki Rusia.

Seorang penduduk setempat berjalan melewati penyelamat Ukraina yang bekerja di luar gedung yang sebagian hancur setelah serangan rudal Rusia di Kharkiv, Ukraina (Sergey Bobok/AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Administrator yang ditunjuk Rusia dari sebuah kota kecil di timur wilayah Kharkiv Ukraina yang diduduki Rusia tewas dalam bom mobil, diduga dilakukan oleh Ukraina, kata otoritas pendudukan regional.

Administrasi militer-sipil pro-Moskow mengatakan Yevgeny Yunakov, kepala administrator Velikyi Burluk, dibunuh oleh kelompok sabotase dan pengintaian Ukraina, kantor berita Rusia TASS melaporkan pada Senin (11/7).

Pemerintah, yang menurut TASS baru-baru ini dibentuk di wilayah tersebut, menyebut ledakan itu sebagai serangan teror yang dilakukan oleh pihak berwenang Ukraina.

Rusia, yang secara eksplisit mengatakan ingin menghapus provinsi Ukraina timur Luhansk dan Donetsk dari kendali Kyiv, itu tidak menunjukkan tanda-tanda ingin melepaskan wilayah lain yang telah direbutnya sejak menginvasi Ukraina pada 24 Februari.

Pasukan Rusia telah menduduki sebagian wilayah Kharkiv, tetapi kota eponymous, terbesar kedua di Ukraina, tetap di bawah kendali Kyiv. TASS mengatakan pihak berwenang yang didukung Rusia akan berbasis di kota Kupyansk, di timur wilayah Kharkiv.

Pihak berwenang Rusia sebelumnya telah membentuk pemerintahan pro-Moskow di wilayah selatan Kherson yang diduduki dan wilayah Zaporizhia yang diduduki sebagian.

Serangan terhadap pejabat pro-Moskow telah meningkat di kedua wilayah dalam beberapa pekan terakhir.

Juga pada hari Senin, otoritas pendudukan di Zaporizhia melaporkan, Andrei Siguta, kepala distrik Melitopol yang didirikan Rusia, salah satu kota pertama yang jatuh ke tangan pasukan Rusia, telah lolos dari upaya pembunuhan oleh seorang penyabot yang menembak di rumahnya.

Vladimir Rogov, seorang anggota senior administrasi sipil-militer yang ditunjuk Rusia di provinsi Zaporizhia, mengatakan di saluran Telegramnya bahwa calon pembunuh itu telah tewas dalam baku tembak.

Pada 24 Juni, seorang pejabat senior di pemerintahan regional Kherson yang ditempatkan di Rusia terbunuh oleh sebuah bom, menurut wakil kepala pemerintahan.

Keesokan harinya, kepala intelijen militer Ukraina menolak mengomentari upaya perlawanan partisan di wilayah pendudukan, tetapi mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa "orang-orang yang mengkhianati Ukraina dan semua orang jahat yang datang ke sini untuk menghancurkan negara kita akan dihancurkan".

Rusia menyebut invasi itu sebagai operasi militer khusus dan mengatakan bahwa mereka harus bertindak untuk melindungi penutur bahasa Rusia Ukraina dari penganiayaan dan meredakan ancaman yang didukung Barat terhadap keamanan Rusia.

Kyiv dan Barat mengatakan ini adalah dalih tak berdasar untuk perang penaklukan kekaisaran.

Sumber: Aljazeera

KEYWORD :

Yevgeny Yunakov Invasi Rusia Velikyi Burluk Ukraina Bom Mobil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :