Senin, 29/04/2024 13:08 WIB

Lebih dari 700 Kasus Cacar Monyet Terdeteksi Secara Global, 21 di AS

Lebih dari 700 kasus cacar monyet terdeteksi secara global, 21 di AS

Telapak tangan pasien kasus cacar monyet dari Lodja, sebuah kota yang terletak di dalam Zona Kesehatan Katako-Kombe, terlihat selama penyelidikan kesehatan di Republik Demokratik Kongo pada tahun 1997. Brian W.J. Mahy/CDC/Handout via REUTERS

JAKARTA, Jurnas.com -  Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Amerika Serikat (AS) mengatakan, pihaknya mengetahui lebih dari 700 kasus cacar monyet (monkeypox) global, termasuk 21 di Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari AFP, 16 dari 17 kasus pertama termasuk di antara orang-orang yang diidentifikasi sebagai pria yang berhubungan seks dengan pria, menurut laporan CDC baru, dan 14 dianggap terkait dengan perjalanan.

Semua pasien dalam pemulihan atau telah pulih, dan tidak ada kasus yang fatal.

"Ada juga beberapa kasus di Amerika Serikat yang kami tahu terkait dengan kasus yang diketahui," kata wakil direktur Divisi Patogen dan Patologi Konsekuensi Tinggi CDC, Jennifer McQuiston kepada wartawan melalui telepon.

"Kami juga memiliki setidaknya satu kasus di Amerika Serikat yang tidak memiliki hubungan perjalanan atau mengetahui bagaimana mereka memperoleh infeksi mereka."

Cacar monyet adalah penyakit langka yang terkait dengan penyakit cacar, tetapi tidak separah cacar, menyebabkan ruam yang menyebar, demam, kedinginan, dan nyeri, di antara gejala lainnya.

Umumnya terbatas di Afrika barat dan tengah, kasus telah dilaporkan di Eropa sejak Mei dan jumlah negara yang terkena dampak telah bertambah sejak itu.

Kanada juga merilis angka baru pada hari Jumat, menghitung 77 kasus yang dikonfirmasi - hampir semuanya terdeteksi di provinsi Quebec, tempat vaksin telah dikirimkan.

Meskipun penyebaran barunya mungkin terkait dengan festival gay tertentu di Eropa, cacar monyet tidak dianggap sebagai penyakit menular seksual, dengan faktor risiko utama adalah kontak kulit-ke-kulit yang dekat dengan seseorang yang menderita luka cacar monyet.

Seseorang menular sampai semua luka berkeropeng dan kulit baru terbentuk.

Direktur senior untuk keamanan kesehatan global dan divisi biodefense Gedung Putih, Raj Panjabi menambahkan bahwa 1.200 vaksin dan 100 kursus pengobatan telah dikirimkan ke negara bagian AS, di mana mereka ditawarkan untuk menutup kontak dari mereka yang terinfeksi.

Saat ini ada dua vaksin resmi: ACAM2000 dan JYNNEOS, yang awalnya dikembangkan untuk melawan cacar.

Meskipun cacar telah dieliminasi, AS menyimpan vaksin di cadangan nasional strategis jika digunakan sebagai senjata biologis.

JYNNEOS adalah yang lebih modern dari dua vaksin, dengan efek samping yang lebih sedikit.

"Kami terus memiliki lebih dari cukup vaksin yang tersedia," Dawn O`Connell, asisten sekretaris untuk kesiapsiagaan dan tanggapan di Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, mengatakan kepada wartawan.

Pada akhir Mei, CDC mengatakan memiliki 100 juta dosis ACAM200 dan 1.000 dosis JYNNEOS yang tersedia, tetapi O`Connell mengatakan Jumat bahwa angka-angka itu telah bergeser, meskipun dia tidak dapat mengungkapkan angka pastinya karena alasan strategis.

CDC juga telah mengizinkan dua antivirus yang digunakan untuk mengobati cacar, TPOXX dan Cidofovir, untuk digunakan kembali untuk mengobati monkeypox.

"Siapa pun bisa terkena cacar monyet dan kami dengan hati-hati memantau cacar monyet yang mungkin menyebar di populasi mana pun, termasuk mereka yang tidak mengidentifikasi diri sebagai laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki," kata McQuiston.

"Karena itu, CDC sedang melakukan penjangkauan khusus di komunitas LGBT," tambahnya.

Kasus yang dicurigai "harus siapa saja dengan karakteristik ruam baru," atau siapa saja yang memenuhi kriteria kecurigaan tinggi seperti perjalanan yang relevan, kontak dekat, atau menjadi pria yang berhubungan seks dengan pria.

KEYWORD :

CDC Cacar Monyet Amerika Serikat Monkeypox




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :