Senin, 20/05/2024 07:47 WIB

Kementan Motivasi Penyuluh dan Petani untuk Maksimalkan Produktivitas

Kementan motivasi penyuluh dan petani untuk maksimalkan produktivitas

Kegiatan ini dilaksanakan di BPP Kecamatan Sumbang dan BPP Kecamatan Kedungbanteng, Senin-Selasa, 30-31 Mei 2022.

BANYUMAS, Jurnas.com - Agar pengembangan dan produktivitas pertanian lebih maksimal, Kementerian Pertanian memberikan motivasi kepada penyuluh dan petani yang berkinerja baik berupa penghargaan.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan penyuluh dan petani harus terus memperbaiki diri. "Petani harus memperbarui diri dan terus menambah pengetahuan dan kemampuan. Kementerian Pertanian akan turut mendukung hal itu," kata Syahrul.

Hal senada disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi. "Dengan memanfaatkan BPP Kostratani, Kementan akan terus meningkatkan pengetahuan dan kapasitas petani. Agar petani bisa mendapatkan tambahan penghasilan," ujarnya.

Penghargaan juga diberikan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas yang menyelenggarakan Verifikasi Tahap II Calon Penerima Penghargaan Penyuluh Pertanian dan Petani Berkinerja Terbaik Proyek Pengembangan dan Manajemen Irigasi Partisipatif Terintegrasi (Integrated Participatory Development and Managemen of Irigation Project/ IPDMIP) Tahun 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan di BPP Kecamatan Sumbang dan BPP Kecamatan Kedungbanteng, Senin-Selasa, 30-31 Mei 2022.

Tujuan dari pemberian penghargaan ini adalah untuk memotivasi Penyuluh Pertanian untuk meningkatkan pengalaman dan kinerjanya. Yaitu, melalui pemberian pelayanan prima dalam menyelenggarakan kegiatan penyuluhan serta untuk memotivasi petani untuk meningkatkan kinerja melalui adopsi teknologi yang diperkenalkan dalam kegiatan penyuluhan pertanian.

Peserta calon penerima penghargaan adalah Penyuluh Pertanian, Staf Lapangan dan Petani berkinerja terbaik di wilayah atau pelaksana kegiatan IPDMIP.

Kategori penghargaan antara lain kategori penyuluh pertanian berkinerja terbaik yang terdiri dari penyuluh pertanian dan staf lapangan serta kategori petani berpengalaman dan berkinerja terbaik  yang terdiri dari petani peduli irigasi dan lingkungan, petani tergiat SL, petani berorientasi agribisnis, pemuda tani, petani padi, wanita tani, dan penyuluh pertanian swadaya.

Ketentuan pelaksanaan Lomba ini antara lain, para peserta kegiatan wajib diusulkan oleh Koordinator Penyuluh Pertanian pelaksana kegiatan proyek IPDMIP ke Dinpertan dan KP Kabupaten Banyumas dari masing-masing kategori dilengkapi dengan profil peserta.

Penilaian atau verifikasi peserta dilakukan melalui dua tahap, yaitu Tahap I seleksi administrasi berupa verifikasi profil peserta dan verifikasi profil lapangan secara acak untuk memilih 5 dan 6 besar yang telah dilaksanakan 25 s/d 28 April 2022.

Tahap II penilaian terhadap hasil pemaparan dan wawancara untuk menentukan dan memilih urutan rangking hasil kejuaraan yang dilaksanakan pada 30 s/d 31 Mei 2022.

Adapun untuk tim penilai adalah para Pejabat Fungsional dan Struktural Dinpertan & KP Kabupaten Banyumas.

Sedangkan ketentuan para juara dari masing - masing kategori yaitu untuk kategori Penyuluh Pertanian Berkinerja Terbaik akan diambil 6 besar yaitu juara I,II,III dan Juara Harapan I,II,III, untuk Kategori Petani Berpengalaman dan Berkinerja Terbaik akan diambil masing-masing kategori 5 juara,yaitu juara I,II,III dan Juara Harapan I,II.

Bagi calon penerima penghargaan Bagi Penyuluh Pertanian dan Petani Berpengalaman dan Berkinerja Terbaik Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2022 yang terpilih akan diberikan penghargaan reward berupa uang pembinaan dan sertifikat.

KEYWORD :

Kostratani Dedi Nursyamsi Banyumas IPDMIP Sekolah Lapang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :