Senin, 29/04/2024 09:40 WIB

Cak Imin: Pendidikan Politik Gus Dur Sangat Luar Biasa

Gus Dur memberikan pendidikan politik praktis dengan cara yang sulit difahami, namun sangat besar manfaatnya. PKB adalah salah satu warisan Gus Dur dalam politik nasional.

Haul_Gus Dur_PKB

Jakarta - Banyak kisah menarik yang ditinggalkan Gus Dur sebagai pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kisah inilah yang kemudian kembali dibuka dalam peringatan Haul ke-7 Gus Dur di DPP PKB, jalan Raden Saleh 9, Jakarta Pusat, Selasa (27/12/2016).

Sejumlah tokoh nasional yang pernah diorbitkan Gus Dur hadir dalam acara tersebut. Misalnya Rizal Ramli yang pada masa pemerintahan Presiden Gus Dur dipercaya menempati sejumlah jabatan strategis seperti Kepala Bulog, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, serta Menteri Keuangan. Kemudian Seniman dan Pelawak Kirun yang kerap menjadi partner Gus Dur dalam berkelakar.

Termasuk Pemuka Agama Budha Suhu Dutavira Mahastavira yang kerap menjadi teman Gus Dur dalam membangun kedamaian dan kerukunan umat. Hadir juga dalam Haul ke-7 wafatnya Gus Dur adalah Nursyahbani Kartjasungkana, Mantan Wakil Kepala BIN Asad Ali, Dalang Pewayangan Ki Enthus Suswono, dan sejumlah petinggi DPP PKB.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar menuturkan betapa ampuhnya cara Gus Dur dalam mendidik kader PKB dalam berpolitik. Menurutnya, Gus Dur memiliki kelebihan melakukan langkah rumit yang sulit dimengerti. Namun, tujuan sebenarnya mengarah pada kebaikan.

Sekarang mulai terlihat, banyak tokoh-tokoh nasional yang kini sangat dewasa dalam berpolitik padahal dulunya belum apa-apa. "Bahkan Gus Dur memainkan peranan politik seperti drama. Secara kasat mata sulit mengikuti Gus Dur padahal pada akhirnya kita rasakan betapa pendidikan politik yang sangat luar biasa," ungkap Cak Imin seraya menegaskan bahwa PKB adalah salah satu warisan terbesar Gus Dur dalam dunia politik nasional.

KEYWORD :

Cak Imin Haul Gus Dur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :