Selasa, 14/05/2024 20:07 WIB

Sejarah Perpisahan Manis Arsenal dengan Stadion Highbury

Pecinta sepak bola pasti masih mengingat kejayaan Arsenal dengan markasnya yang terkenal, Highbury. Pada masanya, stadion Highbury adalah kandang kesayangan The Gunners, sebelum akhirnya pindah ke Stadion Emirates.

Stadion Highbury milik Arsenal (Foto: Goal/Getty Images)

London, Jurnas.com - Pecinta sepak bola pasti masih mengingat kejayaan -decoration:none;color:red;font-weight:bold">Arsenal dengan markasnya yang terkenal, Highbury. Pada masanya, stadion Highbury adalah kandang kesayangan The Gunners, sebelum akhirnya pindah ke Stadion Emirates.

Menurut catatan sejarah, yang dikutip dari Goal pada Jumat (6/5), Highbury pertama kali dibuka pada 1913 silam, dan dapat menampung kurang dari 40.000 penggemar.

Namun pada akhir musim 2005-2006, klub Meriam London meninggalkan Highbury. Stadion itu resmi ditutup pada 7 Mei 2006 silam, dan pindah ke Stadion Emirates yang memiliki kapasitas 60.000 tempat duduk.

Pertandingan terakhir yang dimainkan -decoration:none;color:red;font-weight:bold">Arsenal di Highbury ialah laga Liga Premier melawan Wigan Athletic pada 7 Mei 2006. Kala itu, hattrick Thierry Henry melengkapi gol pembuka Robert Pires untuk membantu The Gunners meraih kemenangan 4-2.

Yang terpenting juga, tim asuhan Arsene Wenger itu meraih tempat keempat untuk mengamankan tempat di Liga Champions musim selanjutnya, sekaligus memupus mimpi Tottenham Hotspurs yang kalah 2-1 melawan West Ham.

"Untuk sejarah klub dan untuk gedung ini di sini, untuk finis di tempat yang tinggi, saya sangat bangga," kata Wenger setelah pertandingan tersebut.

"Kita semua akan merasa bersalah telah keluar dari sini dengan rendah setelah apa yang terjadi di sini selama bertahun-tahun. Ada kegembiraan yang fantastis, kekuatan karakter dan kualitas juga," lanjut dia.

Bagi Henry, laga itu adalah momen yang pahit, menyusul rumor kepergian sang striker Prancis itu mendorong Ashley Cole sempat berkalar ingin "memborgol Thierry untuk mempertahankannya" di klub.

Namun, setelah pertandingan, sang pahlawan hattrick berkata, "Itu adalah perpisahan yang sempurna."

"Ketika saya mencium tanah setelah gol ketiga saya, saya mengucapkan selamat tinggal pada stadion ini," imbuh Henry.

Kepergian itu tidak terealisasi. Karena ternyata, Henry tetap berada di -decoration:none;color:red;font-weight:bold">Arsenal untuk musim perdana mereka di Emirates, sebelum akhirnya bergabung dengan Barcelona pada 2007 silam.

KEYWORD :

Liga Inggris Stadion Highbury Arsenal -




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :