Minggu, 19/05/2024 12:28 WIB

Presiden Zelenskyy Peringatkan Rusia Incar Negara Lain Setelah Ukraina

Peringatan itu dilontakan Zelenskyy setelah seorang jenderal Rusia mengatakan ingin kontrol penuh atas Ukraina selatan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berpidato di hadapan bangsa di Kyiv (File: Kantor Pers Presiden Ukraina via AP)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy memperingatkan, invasi Rusia ke negaranya hanyalah permulaan. Menurutnya Moskow memiliki rencana untuk merebut negara lain.

Peringatan itu dilontakan Zelenskyy setelah seorang jenderal Rusia mengatakan ingin kontrol penuh atas Ukraina selatan.

"Semua bangsa, seperti kita, percaya pada kemenangan hidup atas kematian harus berjuang bersama kita. Mereka harus membantu kita, karena kita adalah barisan pertama. Dan siapa yang akan datang selanjutnya?" kata Zelenskyy dalam pidato video pada Jumat malam (22/4).

Rustam Minnekayev, wakil komandan distrik militer pusat Rusia, dikutip oleh kantor berita negara Rusia mengatakan bahwa kontrol penuh atas Ukraina selatan akan memberinya akses ke Transnistria, bagian Moldova yang diduduki Rusia di barat.

Itu akan memotong seluruh garis pantai Ukraina dan berarti pasukan Rusia mendorong ratusan mil lebih jauh ke barat, melewati kota-kota pesisir utama Ukraina, Mykolaiv dan Odesa.

Pernyataan itu adalah salah satu yang paling rinci tentang ambisi Moskow di Ukraina dan menunjukkan Rusia tidak berencana untuk menghentikan serangannya di sana dalam waktu dekat.

Kementerian pertahanan Ukraina mengatakan komentar Minnekayev menunjukkan Rusia tidak lagi menyembunyikan niatnya.

"Moskow sekarang mengakui bahwa tujuan dari fase kedua perang bukanlah kemenangan atas Nazi yang mistis, tetapi hanya pendudukan Ukraina timur dan selatan. Imperialisme seperti apa adanya," cuitnya.

Namun terlepas dari tujuan ambisius Rusia dan klaim telah merebut Mariupol, pasukannya tidak membuat keuntungan besar dalam 24 jam terakhir, kata intelijen militer Inggris pada hari Sabtu.

Serangan balik Ukraina terus menghalangi upaya Moskow, dan pertempuran sengit membuat frustrasi upaya Rusia untuk merebut kota pelabuhan utama, menghambat kemajuan mereka di Donbas, Kementerian Pertahanan mentweet dalam buletin reguler.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Invasi Ruria ke Ukraina Volodymyr Zelenskyy Rustam Minnekayev




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :