Kamis, 02/05/2024 23:38 WIB

Di Amman, Menhan Israel Bertemu Raja Yordania Abdullah

Pertemuan itu menyusul pertemuan puncak dua hari di Israel yang dihadiri oleh para menteri luar negeri Uni Emirat Arab, Bahrain, Maroko dan Mesir serta Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Raja Yordania Abdullah II bertemu dengan Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz di Amman, Yordania 29 Maret 2022. )Foto: Istana Kerajaan Yordania/Handout via Reuters)

YERUSALEM, Jurnas.com - Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz bertemu dengan Raja Yordania Abdullah di Amman pada Selasa (29/3). Pertemuan tersebut dilakukan dalam upaya bersama menurunkan ketegangan Israel-Palestina saat bulan suci Ramadan mendekat.

"Pembicaraan mereka berfokus pada tantangan regional dan keamanan," kata sebuah pernyataan Israel dikutip dari Reuters.

Pertemuan itu menyusul pertemuan puncak dua hari di Israel yang dihadiri oleh para menteri luar negeri Uni Emirat Arab, Bahrain, Maroko dan Mesir serta Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Sementara para menteri Arab, dalam menunjukkan keprihatinan sekutu AS atas Iran, bersidang di Israel, Raja Abdullah melakukan kunjungan langka pada hari Senin ke Tepi Barat yang diduduki, di mana ia mengadakan pembicaraan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Kunjungan raja secara luas dilihat sebagai upaya mencegah gejolak di Tepi Barat dan Yerusalem Timur sebelum bulan suci Ramadan dan liburan Paskah bulan depan - periode yang bergejolak di masa lalu.

Di Amman, Gantz membahas langkah-langkah yang direncanakan Israel untuk memungkinkan kebebasan berdoa di Yerusalem dan Yudea dan Samaria. Pernyataan Israel mengatakan, nama wilayah tersebut menggunakan nama-nama Alkitab dalam merujuk pada Tepi Barat.

Penyataan Israel tidak merinci langkah apa pun yang mungkin diambil Israel untuk memfasilitasi ibadah di Yerusalem, situs masjid Al-Aqsa, titik gesekan di mana konfrontasi antara Palestina dan pasukan Israel dapat memicu konflik yang lebih luas.

Mengutip masalah keamanan, Israel telah memberlakukan batasan usia pada jamaah Muslim di Al-Aqsa selama periode ketegangan dan membatasi perjalanan warga Palestina ke Yerusalem dari Tepi Barat, wilayah yang direbutnya, bersama dengan bagian timur kota suci, dalam perang 1967.

Presiden Israel Isaac Herzog akan mengadakan pembicaraan dengan Raja Abdullah di Yordania pada hari Rabu, sumber resmi mengatakan kepada Reuters pada hari Selasa.

KEYWORD :

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz Raja Yordania Abdullah Palestina Ramadan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :