Sabtu, 27/04/2024 21:41 WIB

China "Serbu" Indonesia, TNI Diminta Jaga Pertahanan

Aparat TNI sebagai benteng keamanan negara juga dapat bertanggungjawab menjaga kedaulatan NKRI.

Ilustrasi TNI

Jakarta - Aparat TNI sebagai benteng keamanan negara juga dapat bertanggungjawab menjaga kedaulatan NKRI. TNI dinilai berperan penting untuk menangkal masuknya warna negara asing (WNA) terutama WNA asal China yang mulai menjamur di beberapa wilayah Indonesia.

Demikian disampaikan Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro, ketika dihubungi, Jakarta, Selasa (20/12). Menurutnya, TNI punya tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) untuk menjaga kedaulatan NKRI.

"TNI juga bisa aktif untuk menjaga pertahanan negara dari ancaman luar, khusus dalam konteks isu itu meski bukan petugas imigrasi, bukan Menkumham, TNI harus bisa menjaga pertahanan negara dari infritasi dari luar," kata Siti.

Kata Siti, TNI harus ikut bertanggungjawab karena masalah keamanan bukan hanya masalah senjata, tapi juga ideologi, manusia, termasuk soal masuknya virus cabai yang dilakukan oleh WNA asal China.

"Lebih baik kita antisipatis daripada harus mengobati jika sudah terjadi. Mumpung ancaman sudah terendus sekarang harus ada solusi, jangan sampai meledak, terlebih ada moment pilkada serentak," tegasnya.

KEYWORD :

WNA Bebas Visa TKA asal China TNI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :