Senin, 29/04/2024 03:34 WIB

Pengidap Kanker Anak asal Ukraina Tiba di Inggris

Pemandangan di salah satu fasilitas kesehatan Inggris (Foto: BBC)

London, Jurnas.com - Sekelompok pengidap kanker anak asal Ukraina, tiba di Inggris pada Senin (14/3) untuk menjalani perawatan kanker lanjutan di Sistem Kesehatan Nasional (NHS).

Menteri Kesehatan Inggris, Sajid Javid, mengatakan 21 anak akan ditawarkan perawatan terbaik di rumah sakit di negara tersebut.

Anak-anak dan anggota keluarga dekat mereka tiba dengan penerbangan darurat, yang diatur oleh pemerintah sehari sebelumnya, setelah permohonan dari pejabat Polandia. Mereka akan dinilai oleh dokter sebelum dikirim ke rumah sakit yang sesuai.

"Saya bangga bahwa Inggris menawarkan perawatan medis yang menyelamatkan nyawa untuk anak-anak Ukraina ini, yang telah dipaksa keluar dari negara asal mereka oleh invasi Rusia saat menjalani perawatan medis," kata Javid dikutip dari BBC.

"Saya tahu bahwa staf yang luar biasa di NHS akan memastikan mereka mendapatkan perawatan terbaik," imbuh dia.

Perawatan ratusan pasien di Ukraina terganggu oleh perang, setelah pasukan Rusia mengepung kota-kota yang menyebabkan persediaan rumah sakit mengering.

Sebagian besar anak telah dievakuasi ke Polandia, di mana pihak berwenang meminta bantuan untuk merawat mereka.

Kepala eksekutif NHS Inggris Amanda Pritchard mengatakan NHS akan terus bekerja dengan para menteri, untuk menyediakan pasokan yang diperlukan dan "perlakuan penting" yang dibutuhkan anak-anak.

"Rekan-rekan di rumah sakit anak di seluruh negeri telah pergi ke atas dan ke luar untuk membantu anak-anak ini selama mereka membutuhkan," tutup dia.

KEYWORD :

Kanker Anak Inggris Ukraina Perang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :