Sabtu, 04/05/2024 20:09 WIB

Pasukan Rusia Mulai Disebar di Sekitar Ibu Kota Ukraina

Citra satelit Maxar Technologies menunjukkan konvoi militer Rusia yang berada di dekat ibu kota Ukraina, Kyiv, sebagian besar mulai disebar dan dipindahkan.

Pergerakan militer Rusia tertangkap citra satelit (Foto: Military Times)

Kyiv, Jurnas.com - Citra satelit Maxar Technologies menunjukkan konvoi militer Rusia yang berada di dekat ibu kota Ukraina, Kyiv, sebagian besar mulai disebar dan dipindahkan.

Perusahaan Amerika Serikat (AS) yang mengambil foto dalam 24 jam terakhir mengatakan elemen konvoi, terakhir terlihat di dekat Bandara Antonov, barat laut Kyiv, kini telah pindah ke posisi di kota-kota sekitarnya.

Dikutip dari BBC pada Jumat (11/3), bagian lain lebih jauh ke utara, dengan artileri sekarang dalam posisi menembak.

Konvoi itu sebelumnya terlihat terhenti tidak jauh dari ibu kota, di mana para pejabat AS mengatakan itu menjadi sasaran pasukan Ukraina dengan rudal anti-tank.

Tidak jelas berapa banyak kendaraan yang saat ini terlihat bergerak mungkin merupakan bagian awal dari kelompok pertama itu.

Pertempuran sengit berkecamuk dalam beberapa hari terakhir di Irpin dan Bucha, kota-kota satelit hanya beberapa kilometer barat laut Kyiv. Ribuan warga sipil terpaksa mengungsi dari rumah mereka.

Pasukan Rusia bergerak lima kilometer lebih dekat ke kota itu dalam 24 jam terakhir, menurut keterangan seorang pejabat senior pertahanan AS, pada Kamis (10/2).

Itu berarti pasukan Rusia yang bergerak maju dari barat laut sekarang hanya berjarak sembilan mil dari pusat kota, kata pejabat yang berbicara dengan syarat anonim kepada wartawan.

Pasukan Rusia juga mencoba untuk mendekati kota dari timur laut, dan sekarang berada sekitar 25 mil (40 km), pejabat itu menambahkan.

KEYWORD :

Rusia Ukraina Perang Maxar Technologies




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :