Jum'at, 03/05/2024 13:15 WIB

Piala AFF 2016

Indonesia Harus Mengakui Keunggulan Thailand

Indonesia menjadi tim spesialis runner up karena tercatat sudah lima kali masuk ke final namun tidak sampai ke tangga juara.

Pesepak bola Indonesia Stefano Lilipally (kiri)

Bangkok - Harapan Indonesia untuk meraih gelar juara Piala AFF untuk kali pertama kembali pupus setelah dikalahkan Thailand 0-2 pada pertandingan final leg kedua di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/12) malam.  Kemasukan dua gol membuat Tim Merah Putih kalah agregat 2-3, setelah Indonesia menang 2-1 pada final leg pertama.

Hasil ini mengkuhkan Thailand sebagai raja sepakbola Asia Tenggara  degan meraih gelar kelima sejak turnamen itu pertama kali digelar pada 1996. Sementara Indonesia menjadi tim spesialis runner up karena tercatat sudah lima kali masuk ke final namun tidak sampai ke tangga juara.

Bertanding di hadapan sekitar 50 ribu penonton dan dipimpin wasit Muhammad Abdulla dari Uni Emirat Arab, tuan rumah Thailand tampil dominan. Sirod Chattong menjadi pahlawan bagi Thailnad lewat dua golnya pada menit ke 37 babak pertama dan awal babak kedua (menit 47).

Indonesia hanya sesekali mengancam lini pertahanan tuan rumah leeway Boaz Solossa. Thailand bahkan nyaris menambah gol jika saja tendangan pinalti Theerasil Dangda tidak terbendung Kurnia Meiga.

Susunan pemain:

Indonesia - Kurnia Meiga, Benny Wahyudi/Dedi Kusnandar, Abdul Lestaluhu, Boaz Solossa, Stefano Lilipaly, Zulham Zamrun/Lerby Eliandry, Rizky Pora/Ferdinand Sinaga, Fachruddin Aryanto, Bayu Pradana, Hansamu Yama Pranata, Manahati Lestusen.

Thailand - Kawin Thamsatchanan, Theerathon Bunmathan, Adison Promrak, Sarach Yooyen, Teerasil Dangda, Charyl Yannic/Phoklaw Anan, Sirod Chatthong/Sarawut Masuk, Pratum Chutong, Chanthip Songkrasin/Prakit Dreepon, Trnstan Do, Tanaboon Kesarat.

KEYWORD :

Sepakbola Timnas Piala AFF




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :