Rabu, 22/05/2024 02:23 WIB

Sandiaga Uno Turun ke Sawah Ajak Petani Rawat Budaya Bajak Tradisional

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Senin (7/3).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (Foto: Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Senin (7/3).

Kunjungan Sandiaga tersebut merupakan bagian dari sosialisasi program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 demi mewujudkan "Indonesia Bangkit".

Dalam kesempatan itu, Sandiaga berkeliling desa memakai sepeda di tengah hujan.

Sandiaga sempat bertemu dan berdialog dengan para petani Desa Bantaragung. Seorang petani bernama Amin (57) tak sungkan menyampaikan keluh kesah kepada Sandiaga.

"Assalamualaikum, akhirnya saya ketemu pak Amin. Jadi apa yang mau disampaikan pak Amin?," kata Sandiaga dalam keterangannya.

Amin bercerita, dirinya seringkali mengalami kesulitan ketika membajak sawah akibat keterbatasan alat singkal. Padahal, dia memiliki dua ekor kerbau untuk menggarap sawah.

"Ini mau di (tambah alat singkalnya). Harus ada dua buat serep (membajak sawah dengan kerbau)," ucap Amin.

Sandiaga pun bergerak cepat untuk membantu pak Amin dengan memberikan uang tunai senilai Rp2 juta. Dia menilai sosok Amin merupakan salah sati petani yang masih melestarikan budaya membajak sawah dengan kerbau atau cara tradisional.

"Nah ini kan jadi daya tarik desa, membajak sawah menjadi daya tarik pariwisata. Saya beri bantuan pak Amin untuk membeli singkal," jelas Sandiaga.

"Saya pesan ke pak Amin, nanti kalau alatnya sudah ada yang paling penting itu ajarin anak-anak muda (untuk membajak sawah dengan kerbau)," imbuhnya.

Amin berterima kasih atas bantuan yang diberikan Sandi. Amin berjanji akan mengajarkan anak-anak muda supaya melestarikan budaya membajak sawah.

"Terima kasih pak Sandi bantuannya ini, semoga bapak sehat selalu," pungkas Amin.

Desa Wisata Bantaragung dikelilingi sawah seluas 65 hektare dan terbagi ke dalam 5 kawasan. Mayoritas petani kini telah beralih menggunakan traktor untuk membajak sawah.

KEYWORD :

Sandiaga Uno Menparekraf Menteri Pariwisata Petani Rawat Budaya Bajak Tradisional




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :