Senin, 29/04/2024 02:35 WIB

Sponsor Migas Rusia Hilang dari Jersey FC Schalke 04

Klub divisi dua Bundesliga Jerman, FC Schalke 04 mengumumkan akan menghapus sponsor Gazprom dari jersey mereka, menyusul kemajuan pasukan Rusia ke tanah Ukraina.

Jersey FC Schalke 04 (Foto: Goal)

Berlin, Jurnas.com - Klub divisi dua Bundesliga Jerman, FC Schalke 04 mengumumkan akan menghapus sponsor Gazprom dari jersey mereka, menyusul kemajuan pasukan Rusia ke tanah Ukraina.

Dengan meningkatnya ketegangan politik di Eropa Timur, pasukan militer Rusia menginvasi Ukraina atas perintah Presiden Vladimir Putin.

Sementara Schalke telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan mengganti tulisan Gazprom, anggota dewan Matthias Warnig juga akan mengundurkan diri.

"Mengingat peristiwa, perkembangan dan eskalasi beberapa hari terakhir, FC Schalke 04 telah memutuskan untuk menghapus tulisan sponsor utamanya `Gazprom` dari jersey," demikian pengumuman resmi FC Schalke 04 dikutip dari Goal pada Jumat (25/2).

"Langkah ini mengikuti diskusi dengan Gazprom Germania. Sebaliknya, `Schalke 04` akan ada di dada Royal Blues," lanjutnya.

Terkait kepergian Matthias Warnig, di mana pelatih berusia 66 tahun itu menjabat di dewan sebagai perwakilan Gazprom, Schalke mengungkapkan bahwa "Matthias Warnig memberi tahu dewan pengawas FC Schalke 04 pada hari Kamis bahwa dia akan mengundurkan diri dari posisinya dengan segera."

"Pelatih berusia 66 tahun itu telah menjadi bagian dari dewan sebagai perwakilan sponsor utama Gazprom sejak Juli 2019," sambungnya.

"Setelah semua formalitas selesai, Warnig tidak akan lagi menjadi bagian dari dewan pengawas Royal Blues."

"FC Schalke 04 ingin mengucapkan terima kasih kepada Matthias Warnig atas keterlibatannya dengan klub selama dua setengah tahun terakhir."

UEFA, yang belum memutuskan apakah final Liga Champions 2022 akan terus digelar di Saint Petersburg pada 28 Mei, juga mendapat tekanan terkait hubungan mereka dengan perusahaan energi Rusia Gazprom.

Sebuah surat yang dikirim ke badan sepak bola Eropa dari politisi Uni Eropa berbunyi, "Kami meminta Anda untuk berhenti mempertimbangkan Saint Petersburg dan kota-kota Rusia lainnya sebagai tempat untuk kompetisi sepak bola internasional dan untuk memilih sebagai langkah pertama dan sangat mendesak sebagai tempat alternatif untuk final Liga Champions final pada 28 Mei 2022."

"Selain itu, kami meminta Anda untuk mengadakan pertemuan khusus Komite Eksekutif UEFA, untuk mengakhiri kerja sama dengan Gazprom sebagai sponsor UEFA dan untuk mempertimbangkan sanksi terhadap individu pejabat Rusia yang terlibat dalam pelanggaran hukum internasional," tutupnya.

Sepak bola kompetitif di Ukraina telah ditangguhkan setelah invasi Rusia, dengan sejumlah pemain dan pelatih saat ini terjebak di negara itu karena perjalanan udara komersial ditutup.

KEYWORD :

FC Schalke 04 Gazprom Rusia Bundesliga




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :