Senin, 29/04/2024 02:57 WIB

Asian Games 2018

OCA Setujui 41 Cabor

Ada 32 cabang olahraga olimpiade, enam non-olimpiade dan tiga cabang olahraga pilihan Indonesia.

Pertemuan Coordination Committee antara Dewan Olimpiade Asia (OCA) dengan bersama INASGOC (Indonesia Asian Games Organizing Committee) yang digelar di Jakarta, Rabu (14/12)

Jakarta - Pertemuan Coordination Committee antara Dewan Olimpiade Asia (OCA) dengan bersama INASGOC (Indonesia Asian Games Organizing Committee) yang digelar di Jakarta, Rabu (14/12) telah menyelesaikan pembahasan 41 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Asian Games 2018. Termasuk tiga cabang olahraga pilihan yang diajukan Indonesia yaitu jet ski, paralayang dan bridge.

"Kami sudah menyelesaikan pembahasan tentang 41 cabang olahraga tersebut. Ada 32 cabang olahraga olimpiade, enam non-olimpiade dan tiga cabang olahraga pilihan Indonesia," kata Ketua Komite Koordinasi OCA, Tsunekazu Takeda di Jakarta, Rabu (15/12).

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) sekaligus Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan, untuk cabang olahraga non-olimpiade, dari enam yang disetujui, sebelumnya ada wacana untuk menambahkan selancar. Namun itu dihapus karena jika dilaksanakan, akan menghabiskan dana yang cukup besar. "Artinya harus menambah lokasi lagi, kan? Bisa di Bali atau di tempat lain, jadi dibatalkan," tutur Erick.

Dana yang terbatas memang menjadi tantangan bagi INASGOC dan pemerintah. Selain harus mengurangi cabor, penghapusan beberapa nomor juga menjadi salah satu jalab keluar. Beberapa cabang olahraga yang kemungkinan akan dipotong nomornnya adalah kano dan menembak.

OCA memang mengingatkan agar jumlah nomer pertandingan tidak boleh lebih dari 500 dengan tujuan untuk efisiensi, khususnya di beberapa cabang olahraga tertentu. Banyaknya nomer pertandingan tersebut diharapkan tidak berpengaruh pada kualitas penyelenggaraan Asian Games dan dengan penonjolan penggunaan IT dan Broadcasting yang lebih efektif bagi tujuan efisiensi, sehingga siapapun atlet dan official nya bepergian dapat terdeteksi keberadaannya,” jelas Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto. Advertorial

KEYWORD :

Asian Games 2018 OCA INASGOC




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :