Jum'at, 03/05/2024 05:09 WIB

HPN 2022, NasDem Jabar: Semoga Pers Tumbuh Semakin Kritis

Selamat Hari Pers Nasional. Semoga rekan pers semakin berjaya untuk memberikan berita kepada masyarakat.

Ilustrasi HPN 2022. (Net)

Jakarta, Jurnas.com - Tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985. Adapun tanggal 9 Februari diambil bertepatan dengan Hari Jadi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Ketua Dewan Pertimbangan Nasdem Jawa Barat, Rajiv berharap, di Hari Pers Nasional, pers Indonesia semakin berjaya memberitakan kejadian kepada masyarakat.

"Selamat Hari Pers Nasional. Semoga rekan pers semakin berjaya untuk memberikan berita kepada masyarakat,” kata Rajiv lewat keterangan tertulisnya, Selasa (8/2).

Rajiv pun berharap pers Indonesia tumbuh semakin sehat dan kritis, serta turut andil dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat.

"Semoga pers tumbuh semakin sehat, kritis, dan bersama memperkuat kesejahteraan rakyat," tandasnya.

Selain itu, Rajiv juga mengucapkan dirgahayu untuk Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) ke-2 yang jatuh pada 8 Februari 2022. Ia berharap, media siber di Indonesia selalu berjaya.

Rajiv menambahkan, perayaan HPN diharapkan bukan sekedar seremonial. Namun lebih diutamakan pada implementasi di lapangan. "Artinya pers Indonesia membangun dirinya semakin ideal, terpercaya, mampu menyajikan solusi-solusi dan membangun persepsi publik terhadap permasalahan yang terjadi," ucapnya.

Ia juga berharap ke depan tidak ada lagi jurnalis abal-abal yang tidak memiliki kartu identitas yang sah serta tidak menjalankan keprofesian dengan baik. "Identitas pers harus jelas agar bisa mempertanggungjawabkan karya-karya jurnalistiknya," tuturnya.

Selain itu, ia pun berharap perayaan ulang tahun JMSI yang diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara dengan tema mengarusutamakan media siber sebagai pengawal agenda strategis nasional dari korupsi hingga transformasi energi berjalan lancar.

Untuk diketahui, rangkaian Hari Pers Nasional Tahun (HPN) tahun 2022 akan diselenggarakan mulai hari ini hingga beberapa hari ke depan. Acara puncak akan digelar pada 9 Februari 2022 bertempat di Halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Kota Kendari, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memberikan sambutan.

Rangkaian acara diawali Pameran Potensi Daerah, UMK, Ekraf, Pers, dan Festival Kuliner pada Minggu (6/1). Gubernur Sultra, Ali Mazi akan hadir sekaligus membuka pameran yang digelar di Tugu Persatuan MTQ Square. Masih di lokasi yang sama, di malam hari akan ada panggung hiburan diisi parade seni budaya Indramayu, Sumba, Magetan, Buton, serta sayembara puisi.

Hari berikutnya, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Sultra akan diadakan bakti sosial pembagian sembako di kawasan Tugu Persatuan mulai pukul 07.00-10.00 WIB. Setelah itu agenda Family Trip IKWI ke Pantai Toronip didampingi dari Dinas Pariwisata Sultra.

Agenda lain di hari kedua HPN 2022 yaitu pembukaan bersamaan Konvensi Media Massa, Seminar Nasional Energi, Seminar Nasional Pariwisata, dan Seminar PEN yang digelar secara hybrid dari Phinis Ballroom Hotel Claro. Pada momen ini juga akan ada penandatanganan Deklarasi Bersama Kebangkitan Pariwisata Sultra dan Deklarasi Transisi Energi Nasional.

Diskusi Anugerah Jurnalistik Adinegoro (offline) dijadwalkan pukul 09.00 - 12.00 WITA di Auditorium Universitas Halo Oleo terbuka untuk umum, menghadirkan Dewan Pers sebagai Keynote Speak dan narasumber Panitia Tetap Adinegoro.

KEYWORD :

NasDem Jawa Barat Rajiv HPN 2022 pers jurnalis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :