Sabtu, 27/04/2024 21:08 WIB

Asian Games 2018

Palembang Siapkan Ikon Tugu Belindo

Pembangunan tugu belido  mengingatkan bahwa kota ini memiliki fauna khas sendiri yang patut dilestarikan.

Maket Tugu Belindo yang akan dijadikan ikon Kota Palembang, Sumatera Selatan menjelang Asian Games 2018

Palembang - Persiapan pelaksanaan Asian Games 2018 di Indonesia sudah hampir sempurna. Palembang, Sumatera Selatan  yang menjadi salah satu pelaksanaan iven olahraga Asia ini mulai membangun ikon kota yakni Tugu Belindo. Ikon ini resmi dimulai dengan ditandai peletakan batu pertama di kawasan Benteng Kuto Besak oleh pemerintah setempat bersama  PT Bukit Asam.

Tugu berbentuk ikan khas Sumatera Selatan "belida" ini akan dibangun selama sembilan bulan ke depan dengan tinggi 12 meter dan panjang 22 meter, berbahan tembaga yang dilapisi perak menggunakan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) PT BA mencapai Rp3,4 miliar.

Wakil Wali Kota Palembang,  Fitrianti Agustinda mengatakan,  pembangunan tugu belido  mengingatkan bahwa kota ini memiliki fauna khas sendiri yang patut dilestarikan. "Saat ini ikan belido jika ingin dibuat pempek meski didatangkan dari Kalimantan. Dengan berdirinya tugu ini, diharapkan nantinya meningkatkan semangat masyarakat untuk melestarikan jenis ikan tersebut," kata dia.

Terkait pembenahan sektor pariwisata menjelang Asian Games, ia mengatakan bahwa terdapat sejumlah investor yang menyatakan ketertarikan untuk mengembangkan destinasi Sungai Musi. "Sudah ada investor yang tertarik mengembangkan Pulau Kemaro dengan dana investasi sebesar Rp70 miliar," kata dia.

Sementara itu,  Direktur SDM dan Umum PT Bukit Asam (PT BA), Suryo Eko Hadianto mengatakan,  perusahaannya tertarik membangun tugu ini karena memandang pembangunan ikon Kota Palembang menjadi kebutuhan mendesak saat ini.

Hal ini terkait dengan peran Palembang sebagai tuan rumah ajang olahraga bergengsi tingkat Asia, Asian Games XVIII tahun 2018 dengan diikuti 54 negara peserta. "Harapannya, nanti saat Asian Games tahun 2018, tugu ikan belido ini dapat dijadikan destinasi wisata unggulan Kota Palembang," kata Eko.

Sebagai tuan rumah, saat ini berbenah diri untuk menyambut perhelatan Asian Games XVIII pada dua tahun mendatang sudah sepatutnya sejajar dengan kota-kota internasional di dunia. Meski mencontoh Singapura dengan ikon Patung Merlion-nya, namun sejatinya Tugu Ikan Belido ini memiliki karakteristik tersendiri.

Pemilihan ikan belido ini karena Kota Palembang identik dengan panganan berbahan ikan yakni pempek. Ikan belido yang saat ini sudah langka dan hampir punah dikenal sangat enak jika dibuat panganan khas Palembang itu. "Pembangunan tugu belido ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan seperti semangat perusahaan yakni berkembang bersama lingkungan," kata dia. (Advertorial)

KEYWORD :

Asian Games Tugu Belindo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :