Minggu, 28/04/2024 23:41 WIB

NTB Temukan 110 Pulau Tak Bernama

Pulau-pulau tersebut sebelumnya sudah lama di ketahui keberadaannya, hanya saja belum memiliki nama.

Ilustrasi peta Lombok

Mataram - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menemukan 110 pulau baru tak berpenghuni dan belum memiliki nama di sekeliling perairan Pulau Lombok.

Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB H Irnadi Kusuma  mengatakan,  penemuan pulau-pulau baru ini diperoleh berdasarkan hasil pengamatan data citra satelit yang dilakukan sejak awal tahun 2016. "Terbanyak pulau-pulau baru ini berada di Kabupaten Lombok Barat," katanya.

Ia menjelaskan, pulau-pulau baru ini tidak berpenghuni dan belum memiliki nama. Artinya, dengan tambahan 110 pulau baru itu, maka jumlah pulau di NTB menjadi 380 pulau dari sebelumnya sebanyak 280 pulau.

"Jumlah ini belum termasuk dengan pulau-pulau yang saat ini sedang dalam proses mendapat tambahan dana," ujarnya.

Menurutnya, pulau-pulau tersebut sebelumnya sudah lama di ketahui keberadaannya, hanya saja belum memiliki nama. "Disebut pulau baru karena belum memiliki nama, sehingga belum tercatat dalam peta rupa bumi," jelasnya.

Irnadi menambahkan, keberadaan pulau-pulau itu penting bagi NTB untuk menasbihkan, NTB sebagai provinsi kepulauan, bersama daerah lain yang di wilayahnya. "Kalau ini ada, maka DAU dan DAK NTB akan bertambah, begitu juga dalam anggaran infrastruktur," ujarnya dilansir Ant.

Karena itu, dengan keberadaan pulau-pulau baru tersebut, pemerintah pusat bisa mempertimbangkan dan mempercepat NTB menjadi provinsi kepulauan. "Kalau NTB ditetapkan sebagai provinsi kepulauan, peningkatan ekonomi dan pembangunan di daerah menjadi meningkat," ujarnya.

KEYWORD :

Pulau Tak Bernama Lombok




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :