Jum'at, 26/04/2024 19:41 WIB

Lukisan Petinju Legendaris Muhammad Ali Laris Manis di Pelelangan

Lebih dari dua lusin karya seni petinju legendaris Muhammad Ali terjual hampir $1 juta (Rp14,2 Miliar) di rumah lelang Bonhams di New York pada Rabu. 

Petinju Muhammad Ali (Foto: BBC)

Jakarta, Jurnas.com - Lebih dari dua lusin karya seni petinju legendaris Muhammad Ali terjual hampir $1 juta (Rp14,2 Miliar) di rumah lelang Bonhams di New York pada Rabu. 

Dilansir Aa, Kamis (07/10) ada sekitar total 26 karya seni petinju juara, termasuk koleksi langka gambar, sketsa dan lukisan, dilelang.

Salah satu karya yang paling dinanti, Sting Like a Bee, terjual seharga $425.000 – itu lebih dari 10 kali perkiraan pra-penjualannya.

Ali dipuji sebagai salah satu atlet, aktivis, dan penyair terhebat, tetapi bakat artistiknya kurang dikenal.

Bonhams mengatakan dia menggambar dan melukis sepanjang hidupnya – didorong oleh ayahnya yang adalah seorang seniman profesional dan akhirnya mengambil pelajaran dari seniman olahraga LeRoy Neiman.

Karya-karya itu dilelang oleh kolektor seni dan temannya Rodney Hilton Brown, yang mengatakan Ali melukis tiga lukisan pertamanya pada 1977 setelah berkelahi di Boston.


Karya seni tersebut terjual dengan total $945.524, tiga kali lipat dari jumlah yang diharapkan.

Lahir sebagai Cassius Marcellus Clay Jr. di Louisville, Kentucky, pada 17 Januari 1942, ia kemudian memeluk Islam dan mengubah namanya menjadi Muhammad Ali pada 1964.

Dianggap sebagai salah satu petinju terbaik sepanjang masa, Ali tercatat dalam sejarah sebagai juara tinju kelas berat dunia tiga kali sepanjang karirnya.

Dia dihargai di seluruh dunia atas keterampilan olahraga profesionalnya dan perjuangannya untuk hak asasi manusia.

KEYWORD :

Muhammad Ali Petinju Dunia Karya Seni




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :