Sabtu, 27/04/2024 05:00 WIB

Iwan Fals Ngiri Anaknya Ultah, Ini Gebrakannya?

Dan ini menjadi konser yang tidak biasanya dilakukan saat ulang tahun Iwan Fals baik tunggal maupun sebagai pengisi acara.

Jakarta - Konser Iwan Fals di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta, Sabtu (3/9) malam  kali ini menjadi momen penting bagi puluhan ribu penggemarnya.  Ya, gelaran bertajuk Perayaan Karya Iwan Fals berlangsung bersamaan dengan ulang tahun ke 55 pria bernama asli Virgiawan Listanto pada 3 September 1961.

Dan ini menjadi konser yang tidak biasanya dilakukan saat ulang tahun Iwan Fals baik tunggal maupun sebagai pengisi acara. Iwan Fals  sebelum konser mengatakan,  kali ini terasa lebih istimewa karena keinginan dirinya sendiri ingin merayakannya.

"Biasanya saat ulang tahun tak pernah ada perayaan khusus, hanya pengajian dan didatangi saudara serta OI (Orang Indonesia), sebenarnya saya juga tak enak hati tidak ada perayaan. Ketika saya melihat anak saya ulang tahun dirayakan di sekolahnya, akhirnya saya memutuskan untuk merayakannya dengan konser," kata Iwan kepada wartawan sebelum konser.

Dikatakan Iwan Fals lagi dirinya sudah lama tidak terlalu banyak berkomunikasi dengan penggemarnya. Namun kali ini rasanya tersampaikan.  "Dengan konser ini, saya merasa perlu berkomunikasi juga dengan penggemar. Semoga lagu-lagu ini bisa menyelesaikan sedikit dari masalah orang-orang di luar sana," lanjutnya.

Iwan memang masih, dan tampaknya akan selalu, peduli dengan masalah sekitarnya. Kepedulian itulah yang membuat ia terkenal dengan lagu-lagu bernuansa kritik sosial. Ia dianggap mampu menyuarakan kaum marjinal yang kadang tak terdengar gemanya sampai ke kuping para pejabat negeri.

Dirinya menyadari penggemarnya kerap melayangkan kritik dengan lagu-lagu cinta yang sering dinyanyikan dan sudah lebih dianggap tidak lagi kritis seperti dulu lagi. Namun, kata Iwan Fals, dia harus berpikir terlebih dahulu bahwa masih banyak masalah di sekitarnya yang belum selesai. "Banyak hal yang sebenarnya menarik, dari amnesti pajak hingga akrobat politik. Tapi, mengapa  tidak memulai dari diri sendiri dahulu," ujarnya,

Dengan gaya adanya, Di panggung konser, Iwan Fals mengenakan kemeja  hitam berlapis jaket hijau lumut. Lagu lawasnya, seperti Ibu, Wakil Rakyat, Mata Indah Bola Pimpong, dan lainnya, langsung menggelora penonton untuk ikut bernyanyi. Pada momen tertentu disaat Iwan Fals jeda, ribuan penonton menyanyikan lagu ulang tahun. Selamat Utang Tahun Iwan Fals.

KEYWORD :

Ulang Tahun Iwan Fals




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :