Selasa, 27/10/2020 12:57 WIB

AirAsia Hentikan Sementara Operasi, Ini Kata Tony Fernandes

AirAsia, kata dia, merupakan satu dari segelintir maskapai di dunia yang masih tetap mempertahankan seluruh stafnya

Pesawat AirAsia

Putrajaya, Jurnas.com - Maskapai berbiaya murah AirAsia hentikan sementara layanan penerbangan terhitung 1 April 2020, baik rute internasional maupun domestik. Langkah ini untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus corona.

Untuk penerbangan rute domestik, AirAsia akan menangguhkan layanan penerbangan hingga 21 April 2020. Sedangkan khusus rute internasional, kebijakan ini berlaku untuk waktu yang lebih lama, yakni hingga 17 Mei 2020.

Pendiri AirAsia Tony Fernandes mengatakan tidak bisa dipungkiri industri penerbangan sangat terpukul saat ini, tidak terkecuali AirAsia. Menurutnya, dampak wabah virus corona Covid-19 menjadi tantangan terbesar yang harus mereka hadapi.

"Tidak ada pendapatan yang masuk untuk sementara, 96 persen armada kami tidak terbang, dan kami masih memiliki komitmen finansial yang harus dipenuhi, seperti kepada pemasok bahan bakar dan agen penyewaan pesawat," kata Tony, Minggu (12/4/2020)

Tony mengatakan perseroan menempuh segala upaya yang dimungkinkan untuk mengurangi beban selama periode ini, agar dapat kembali pulih secepatnya.

AirAsia, kata dia, merupakan satu dari segelintir maskapai di dunia yang masih tetap mempertahankan seluruh stafnya.

AirAsia adalah sebuah keluarga besar dan ada puluhan ribu Allstars (karyawan) yang bergantung pada bisnis ini untuk keberlangsungan hidup dan kesejahteraan keluarga mereka.

Tony dan Chairman Air Asia Kamarudin Meranun tidak akan mengambil gaji selama periode ini dan Allstars dari semua lini bisnis telah menerima tawaran kebijaksanaan pengurangan waktu kerja sementara dengan porsi antara 15-75 persen tergantung tingkat senioritas, untuk bersama-sama menanggung dampak situasi ini.

Meskipun penuh tantangan, dia ingin menjamin bahwa AirAsia kuat, dan tetap berfokus pada masa depan dan melayani Anda semua, pelanggan kami. Dia juga ingin menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi dari hati yang paling dalam kepada Anda semua atas kesetiaannya terhadap AirAsia.

Seperti halnya semua maskapai, AirAsia juga tidak mempunyai pilihan lain selain membatalkan sebagian besar penerbangannya dikarenakan pembatasan perjalanan yang diterapkan oleh pemerintah berbagai negara sebagai upaya untuk menahan penyebaran Covid-19.

Dia mengakui banyak pelanggan yang telah menyampaikan kekecewaannya karena tidak mendapatkan kompensasi pengembalian dana. Namun dia ingin mengajak untuk mempertimbangkan penawaran saldo akun kredit sebagai alternatif pilihan yang lebih baik.

Lebih dari 80 persen dari pelanggan, kata dia, telah menerima tawaran akun kredit. Dia sangat mengapresiasi itu.

Hanya saja, dikarenakan jumlah permintaan yang melonjak, proses pengembalian dana akan berlangsung lebih lama dari biasanya, yaitu antara 12 hingga 16 minggu.

TAGS : Virus Corona AirAsia Tony Fernandes




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :