Jum'at, 26/02/2021 15:59 WIB

Mesir Tutup Mesjid dan Gereja Cegah Penyebaran Virus Corona

Mesir memiliki lebih dari seratus ribu masjid di seluruh negeri.

Bendera kebangsaan Mesir

Jakarta, Jurnas.com - Mesir memerintahkan masjid-masjid dan gerejanya untuk menutup pintu bagi para jamaah dalam upaya untuk mengekang penyebaran virus corona, setelah seruan agar pemerintah mengikuti negara-negara Muslim tetangga lainnya.

Mesir sejauh ini mendaftarkan 285 kasus virus corona yang dikonfirmasi termasuk delapan kematian. Banyak orang di media sosial mengkritik pemerintah karena tidak membatalkan shalat Jumat massal dan massa yang ratusan orang berkumpul di dalam masjid dan gereja.

Kementerian Wakaf Islam mengatakan akan menutup semua masjid selama dua minggu karena perlunya menjaga jiwa, tetapi akan memungkinkan mereka untuk menyiarkan panggilan doa melalui pengeras suara.

Mesir memiliki lebih dari seratus ribu masjid di seluruh negeri.

Sebelumnya hari ini, Al-Azhar, otoritas Muslim Sunni terkemuka Mesir, mengatakan akan menutup masjid bersejarahnya di Kairo lama mulai dari Sabtu untuk keselamatan jamaah, dan sampai akhir epidemi Coronavirus.

Pada 15 Maret, Dewan Cendekiawan Senior Al-Azhar mengatakan bahwa pemerintah memiliki hak untuk menutup masjid untuk melindungi orang dari virus corona.

Gereja Ortodoks Koptik negara itu pada hari Sabtu memerintahkan semua gerejanya untuk menutup pintu dan menangguhkan massa selama dua minggu karena ketakutan akan virus korona, katanya dalam sebuah pernyataan.

Gereja itu juga melarang kunjungan ke biara-biara dan ruang-ruang bela sungkawa tertutup yang terhubung dengan gereja, katanya menambahkan. Setiap paroki akan memberi nama hanya satu gereja untuk doa pemakaman dan khotbah akan dibatasi untuk keluarga yang meninggal.

Umat Kristen mewakili sekitar 10% dari 100 juta populasi Mesir, menurut perkiraan tidak resmi. Sebagian besar orang Kristen di negara itu adalah ortodoks.

Gereja Katolik Koptik mengikuti pendekatan yang sama dan memerintahkan para pengikutnya pada hari Sabtu untuk berdoa di rumah sampai pemberitahuan lebih lanjut. Gerejanya akan membuka pintu untuk doa pemakaman saja, yang akan dibatasi untuk anggota keluarga.

TAGS : Virus Corona Pemerintah Mesir Penutupan Masjid




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :