Rabu, 08/04/2020 08:19 WIB

Pemerintah Siapkan Program Majukan Industri Musik

Pemerintah berkomitmen untuk memajukan musik Indonesia melalui perlindungan hak cipta, sistem pendataan terpadu, peningkatan apresiasi dan literasi musik dalam pendidikan

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid (Kemendikbud)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah sedang persiapkan sebuah program yang bertujuan untuk memajukan industri musik Indonesia.

"Pemerintah berkomitmen untuk memajukan musik Indonesia melalui perlindungan hak cipta, sistem pendataan terpadu, peningkatan apresiasi dan literasi musik dalam pendidikan, meningkatkan kesejahteraan musisi, maupun penyiapan infrastruktur pendukung sesuai dengan janji Presiden Jokowi,” ujar Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid., Senin (9/3/2020).

Hilmar menambahkan dengan terbentuknya unit baru di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan yakni Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru (PMMB) maka pihaknya akan berusaha mencari jalan keluar bagi permasalahan yang terjadi di dunia musik.

Khusus untuk direktorat baru fokusnya di bidang musik antara lain penguatan perlindungan hak kekayaan intelektual bidang musik berupa penguatan dan kajian terhadap hak kekayaan intelektual, advokasi yang mencakup pelayanan dan pendampingan untuk perlindungan hak kekayaan intelektual.

Selain itu juga untuk peningkatan SDM mencakup pemberdayaan dan peningkatan kompetensi musisi, penyelenggaraan World Music Expo sebagai bentuk diplomasi budaya, dan memperbanyak lagu anak-anak.

TAGS : Musik Hilmar Farid Kemendikbud




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :