Selasa, 31/03/2020 08:19 WIB

Pelamar KIP Kuliah Diimbau Segera Finalisasi SNMPTN

Nasih mengimbau seluruh pendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, agar segera menyelesaikan proses finalisasi pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) M. Nasih mengimbau seluruh pendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, agar segera menyelesaikan proses finalisasi pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Kendati demikian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tetap memberikan tenggat waktu hingga 31 Maret 2020, bagi pendaftar KIP Kuliah yang masih ragu-ragu dengan pilihan perguruan tinggi dan program studinya.

"Bagi mereka yang sudah sangat mantap dengan pilihan dan prosesnya, kita menganjurkan untuk sampai ke tahap finalisasi. Tapi kadang ada yang masih ragu-ragu, kuliah atau enggak, itu kita kasih kesempatan sampai 31 Maret," kata Nasih kepada awak media dalam kegiatan `Bincang Sore tentang KIP Kuliah` pada Rabu (26/2) di Jakarta.

Merampung finalisasi lebih awal, lanjut Nasih, akan menguntungkan pelamar KIP Kuliah peserta SNMPTN yang akan ditutup pada 27 Februari pukul 23.59 WIB besok.

Dia mengatakan, data final para pelamar dapat dikirimkan lebih awal kepada PTN tujuan, untuk selanjutnya dipertimbangkan oleh para rektor PTN.

"Sehingga kami menganjurkan, sudahlah finalisasi, tidak usah khawatir dengan KIP Kuliah, pasti ada. 400 ribu orang itu sangat banyak," ujar Nasih.

Sementara Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Paristiyanti Nurwardani menyebut sampai 2024 mendatang jumlah penerima KIP Kuliah ditargetkan hingga 2 juta.

Namun jumlah itu tidak sepenuhnya pasti, sebab bila perekonomian negara makin membaik, dia berharap ada penambahan hingga 2,5 juta penerima.

"Siapa tau dari target 2 juta bisa goyang sampai dengan 2,5 juta, agar bisa memberikan akses yang lebih baik bagi mahasiswa yang kurang mampu," tandas Paristiyanti.

Kegiatan `Bincang Sore tentang KIP Kuliah` dihadiri oleh Plt Kepala Biro Kerjasama dan Humas Ade Erlangga, Ketua LTMPT M. Nasih, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo, dan Sesditjen Dikti Paristiyanti Nurwardani.

TAGS : SNMPTN Kartu Indonesia Pintar KIP Kuliah Kemdikbud




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :