Kamis, 13/08/2020 19:18 WIB

Sanders Pertanyakan Anggaran Militer AS Senilai USD750 Miliar

Sanders mengusulkan pengeluaran USD1,5 triliun selama 10 tahun untuk menciptakan sistem pengasuhan anak dan pendidikan dini universal, yang akan didanai dengan memajaki orang kaya AS.

Kandidat presiden dari Partai Demokrat Senator Bernie Sanders berbicara dalam kampanye di Vic Mathias Shores Park pada 23 Februari 2020 di Austin, Texas. (Foto: Getty Images)

Washington, Jurnas.com - Kandidat presiden Amerika Serikat (AS) Bernie Sanders, mengkritik Presiden AS, Donald Trump karena pengeluaran militernya yang besar dan memberikan keringanan pajak untuk individu dan perusahaan kaya.

Dinukil dari Press TV, pemerintahan Trump juga menghilangkan tunjangan sosial keluarga berpenghasilan rendah dan kelas menengah.

Pada Selasa (25/2), Sanders mengusulkan pengeluaran USD1,5 triliun selama 10 tahun untuk menciptakan sistem pengasuhan anak dan pendidikan dini universal, yang akan didanai dengan memajaki orang kaya AS.

Proposal terbaru kandidat Demokrat yang disebut dapat memperluas sistem kesejahteraan sosial AS itu disebut sebagai upaya menjaring suara lebih banyak untuk melengserkan Presiden dari paratai Republik, Donald Trump dalam pemilihan November mendatang. 

Sanders mengusulkan perbaikan besar-besaran ekonomi AS, termasuk memajaki orang AS terkaya untuk menyediakan perguruan tinggi gratis dan melarang asuransi kesehatan swasta yang mendukung sistem yang didanai pemerintah untuk menjamin cakupan kesehatan universal.

"Kami memiliki tanggung jawab moral sebagai bangsa untuk menjamin perawatan dan pendidikan berkualitas tinggi untuk setiap anak, terlepas dari latar belakang atau pendapatan keluarga," kata kampanye Sanders dalam proposal yang diposting di situs webnya.

Selama wawancara di CBS News "60 Minutes" Senin (24/2), Sanders ditanya berapa biaya program-program itu dan bagaimana pemerintahnya akan membayarnya.

"Saya sedikit bosan mendengar lawan saya mengatakan bagaimana Anda akan membayar dampak itu dan membantu anak-anak atau keluarga kelas menengah, namun di mana orang mengatakan bagaimana Anda akan membayar lebih dari USD750 miliar untuk pengeluaran militer," kata Sanders kepada Anderson Cooper.

"Bagaimana Anda akan menepuk satu triliun dolar dalam keringanan pajak untuk 1% dan perusahaan besar, itulah yang dilakukan Trump," katanya lagi.

"Ketika Anda membantu para miliarder dan Anda membantu Wall Street, hei tentu saja kita dapat membayar untuk itu, itulah yang seharusnya menjadi tentang Amerika; baik saya tidak setuju," sambungnya.

Proposal pengasuhan anak dan pendidikan awal akan mendorong Amerika ke arah yang diambil oleh banyak negara maju lainnya dengan meningkatkan akses ke perawatan anak dan pendidikan pra-TK yang didanai publik.

Sanders mengatakan program itu akan dibayar dengan memajaki kekayaan 0,1% orang terkaya AS. Sebagian besar pemerintah negara maju membelanjakan lebih banyak daripada yang dilakukan Amerika Serikat untuk perawatan anak dan pendidikan awal.

Menurut Organisasi Ekonomi Kerjasama dan Pengembangan, Pada 2015, pemerintah di AS menghabiskan setara dengan 0,3% dari output ekonomi nasional untuk pendidikan dan perawatan anak usia dini, dibandingkan dengan 1,3% di Perancis, 1% di Korea Selatan dan 0,6% di Inggris.

TAGS : Bernie Sanders Amerika Serikat Donald Trump Anggaran Militer




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :