Sabtu, 06/03/2021 18:16 WIB

Iran Dituding Memasok Senjata untuk Kelompok Taliban

Iran telah memasok senjata untuk pejuang Taliban di provinsi Farah, Afghanistan barat, dengan sistem pertahanan udara portabel

Taliban (foto:AA)

Jakarta, Jurnas.com - Kepala polisi provinsi Uruzgan Afghanistan, Jenderal Muhammed Haya mengatakan bahwa Iran telah memasok Taliban dengan rudal anti-pesawat, Selasa (18/02) waktu setempat.

Menurut Haya, Iran telah memasok senjata untuk pejuang Taliban di provinsi Farah, Afghanistan barat, dengan sistem pertahanan udara portabel yang dipanggul bahu yang dikenal sebagai MANPADS.

"Kami memiliki bukti yang menunjukkan Iran memasok senjata kepada Taliban," kata Haya, menambahkan bahwa Taliban berusaha mentransfer senjata yang mereka terima dari Iran ke Uruzgan, dilansir Alarabiya.

"Iran memberi Taliban rudal ini sehingga mereka dapat menargetkan pesawat angkatan udara Afghanistan," tambahnya.

Taliban mengklaim pada 27 Januari bahwa ia menembak jatuh sebuah pesawat militer AS di Ghazni Afghanistan, menewaskan semua personil militer di dalamnya, termasuk para pejabat tinggi.

Militer AS kemudian membantah bahwa pesawatnya ditembak jatuh.

"Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran juga memberikan dukungan keuangan kepada Taliban," kata Haya.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo sebelumnya menuduh Iran menggunakan kelompok-kelompok militan seperti Taliban untuk merusak upaya perdamaian Afghanistan.

Taliban mengutuk pembunuhan AS terhadap komandan IRGC terkemuka Qassem Soleimani bulan lalu. Organisasi teroris menggambarkan Soleimani sebagai "prajurit hebat" dalam sebuah pernyataan.

Soleimani, yang memimpin Pasukan Quds elit Iran - cabang IRGC di luar negeri - tewas dalam serangan udara AS di Baghdad pada 3 Januari.

TAGS : Kelompok Taliban Pemerintah Iran




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :