Jum'at, 26/04/2024 21:15 WIB

Biro Pemberitaan Parlemen Terima Sekretariat DPRD Jateng

Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Y.O.I Tahapari didampingi Kepala Bagian Penerbitan Setjen dan BK DPR RI Dadang Prayitna menerima kunjungan benchmarking Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Y.O.I Tahapari

Jakarta - Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Y.O.I Tahapari didampingi Kepala Bagian Penerbitan Setjen dan BK DPR RI Dadang Prayitna menerima kunjungan benchmarking Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Ia menjelaskan, tujuan kunjungan ini untuk mengetahui mekanisme pembuatan laporan kinerja anggota dewan yang merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat.

“Mereka akan membuat (buku) memori anggota. Kalau di sini namanya laporan kinerja yang dibuat satu tahun sekali dan dilaporkan pada tanggal 29 Agustus tepat di ulang tahun DPR RI,” jelas Hanni, sapaan akrabnya, usai memimpin pertemuan benchmarking di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (03/5/2019).

Proses pembuatan laporan kinerja, lanjut Hani, dibuat berdasarkan Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3). Selama masa sidang, setiap Alat Kelengkapan Dewan (AKD) membuat laporan kinerja baik kegiataan di dalam gedung DPR maupun di luar DPR RI. Laporan kinerja dari masing-masing AKD nantinya dilaporkan kepada tim penyusun laporan.

“Sebelum dilaporkan dalam rapat pimpinan, laporan diberikan kepada tim tata bahasa serta tenaga ahli untuk dilihat kesesuaian laporan dengan tata bahasa serta kesesuaian laporan dengan tata tertib yang ada,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Persidangan Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Tengah Raidun Manurung menanyakan mekanisme dalam pembuatan memori anggota selama lima tahun menjabat.

“Ini kali pertama kami ditugasi membuat memori anggota, maka dari itu kami pikir tepat bila kami mengunjungi Sekretariat DPR RI untuk mengetahui mekanisme dalam membuat buku memori. Kami mau mengetahui aturan yang digunakan serta format pembuatan laporan itu,” jelasnya.

Setelah pertemuan selama satu setengah jam, Rai selaku ketua tim Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Tengah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Biro Pemberitaan Parlemen dan Kabag Penerbitan Setjen dan BK DPR RI yang telah menerima kunjungannya dengan sangat hangat.

KEYWORD :

Warta DPR Biro Pemberitaan Parlemen




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :