Jum'at, 26/04/2024 14:17 WIB

China-AS akan Ukir Sejarah Baru pada 27 Maret

China akan menurunkan tarif pada barang-barang buatan AS termasuk produk pertanian, bahan kimia dan mobil dengan imbalan bantuan sanksi dari Washington.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump bersama Presiden China, Xi Jinping (Foto: Thomas Peter/Reutes)

Wahington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping akan mencapai kesepakatan perdagangan formal pada pertemuan puncak sekitar 27 Maret.

Demikian laporan Wall Street Journal (WJS) mengutip orang- orang yang menjelaskan masalah tersebut di kedua sisi pada Minggu (3/3) waktu setempat.

Kedua negara yang telah memberlakukan tarif yang sama untuk barang-barang satu sama lain senilai ratusan miliar dolar, mengguncang pasar keuangan, mengganggu rantai pasokan manufaktur, dan menyusutnya ekspor pertanian AS.

Menurut WJS, China akan menurunkan tarif pada barang-barang buatan AS termasuk produk pertanian, bahan kimia dan mobil dengan imbalan bantuan sanksi dari Washington.

Numun sumber itu mengatakan kepada WJS bahwa rintangan masih tetap ada, dan kemungkinan kedua pihak akan mengatakan persyaratannya terlalu menguntungkan bagi pihak lain.

Sebagai bagian dari kesepakatan akan ada pembelian gas alam senilai USD18 miliar dari Cheniere Energy Inc yang berbasis di Houston, kata laporan itu.

Cheniere menolak berkomentar tentang potensi kesepakatan pasokan LNG baru dengan China, kata seorang juru bicara.

Perusahaan itu tahun lalu menandatangani kesepakatan 20 tahun untuk memasok gas alam negara China (CNPC) yang dikelola negara dari terminal ekspor Louisiana hingga 2043.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan kepada CNBC pada Kamis bahwa AS sedang bekerja menuntaskan perjanjian perdagangan terperinci dengan China yang akan mencakup komitmen struktural tertentu.

Pekan lalu, Trump mengatakan AS bisa menjauh dari kesepakatan perdagangan dengan China jika itu tidak cukup baik, bahkan ketika penasihat ekonominya memuji kemajuan "fantastis" menuju kesepakatan untuk mengakhiri perselisihan dengan Beijing. (Reuters)

KEYWORD :

Perang Dagang Uni Eropa Amerika Serikat China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :