Jum'at, 26/04/2024 17:42 WIB

Xi Jinping Yakin Capai Kesepakatan Dagang dengan AS

Trump mengucapkan selamat tahun baru kepada Xi dan rakyat Tiongkok. Ia mengatakan, hubungan AS-CHina sangat penting dan diamati seluruh dunia.

Presiden China, Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump (Foto: Getty Images)

Beijing - Presiden China, Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, sepakat mendorong implementasi perjanjian yang dicapai selama KTT G-20 di Argentina.

Dilandir dari dari China Daily, pernyataan itu disampaikan lewat sambungan telpon kedua negara tersebut. Trump mengucapkan selamat tahun baru kepada Xi dan rakyat Tiongkok. Ia mengatakan, hubungan AS-China sangat penting dan diamati seluruh dunia.

Trump mengatakan, sangat menghargai hubungan baik dengan Xi. Ia mengaku senang melihat tim kedua negara bekerja keras  mengimplementasikan konsensus penting yang dicapai antara dirinya dan Xi selama pertemuan sela di Argentina.

Trump mengatakan pembicaraan dan koordinasi yang relevan menghasilkan kemajuan positif. Ia berharap hasilnya akan tercapai untuk kepentingan rakyat AS dan China serta negara lain.

Xi, juga menyampaikan harapan terbaik untuk Trump dan rakyat AS. Ia mengatakan, dirinya maupun Trump terus mendorong kemajuan yang stabil dari hubungan China-AS, menambahkan, hubungan bilateral kedua negara tersebut dalam tahap vital.

Xi mengatakan, dirinya dan Trump memiliki pertemuan yang sangat sukses awal bulan ini dan mencapai konsensus penting di Argentina.

"Tim-tim dari kedua negara sejak itu secara aktif bekerjamengimplementasikan konsensus tersebut. Kami berharap kedua tim dapat saling bertemu dan mencapai kesepakatan yang bermanfaat bagi kedua negara," ujar Xi.

Xi mengatakan, tahun depan, tahun ke-40 hubungan diplomatik antara AS dan China. Ia mengatakan, China sangat mementingkan pengembangan hubungan bilateral dan menghargai kesediaan pihak AS mengembangkan hubungan bilateral yang kooperatif dan konstruktif.

"China bersedia bekerja sama dengan AS untuk merangkum pengalaman 40 tahun pengembangan hubungan, memperkuat pertukaran, kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan, militer, penegakan hukum, operasi anti-narkoba, masalah lokal dan budaya," kata Xi.

"China juga bersedia bekerja sama AS menjaga komunikasi dan koordinasi pada isu-isu utama internasional dan regional, menghormati kepentingan penting satu sama lain, dan mendukung hubungan bilateral yang  menguntungkan kedua bangsa dan negara lain," sambungnya.

KEYWORD :

Perang Dagang China Amerika Serikat Xi Jinping




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :