Jum'at, 26/04/2024 16:44 WIB

Meditasi Bantu Anak-anak Hilangkan Stress

Gejala Stress ternayata tak hanya dialami oleh orang dewasa, namun juga bisa dialami oleh anak-anak yang akibatnya bisa berbahata terhadap kesehatan fisik mereka.

Penjelasan The Golden Spase Indonesia tentang kecerdasan emosional yang bisa dipelajari

Jakarta - Gejala Stress ternayata tak hanya dialami oleh orang dewasa, namun juga bisa dialami oleh anak-anak yang akibatnya bisa berbahaya terhadap kesehatan fisik mereka.

Biasanya stress yang dialami oleh orang dewasa karena adanya beban pikiran seperti tekanan ekonomi, keluarga dan sebagainya. Begitu pun dengan anak-anak yang rentan kena stress lantaran adanya tekanan-tekanan baik itu dari orang tua, guru maupun teman-temannya.

Untuk itu sebagaimana orang dewasa, anak-anak juga perlu dibekali agar bisa mengelola stres dan meningkatkan kecerdasan emosionalnya. Salah satu solusinya adalah meditasi yang terbukti mampu menjadi metode menghilangkan stress

Marketing Director The Golden Space Indonesia, Bagia Arif Saputra menyebutkan bahwa meditasi merupakan praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran, pemusatan emosi dan refleksi jiwa. Sehingga cocok untuk memulihkan stress yang dialami orang dewasa maupun anak-anak.

Sedangkan untuk anak-anak, lanjut Bagia, meditasi yang dilakukan kepada anak-anak tentu dengan teknik yang berbeda daripada orang dewasa. Hal itu dilakukan karena masalah yang dihadapi oleh orang dewasa dan anak-anak jauh berbeda.

"Kan susah berdiam diri, (meditasi) mereka lebih suka menggambar, story telling, dari situ tahu emosi mereka. Anak itu belum punya bahasa (cara mengungkapkan) emosi mereka," kata Bagia dalam konferensi pers di pusat The Golden Space Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (08/11).

Bagia menambahkan bahwa cara orangtua mengidentifikasi emosi anak melalui gambar dan warna yang dipilih anak. Sehingga jika diajarkan meditasi sejak kecil, maka itu bisa membantu anak untuk bisa mengenali emosi dan mengaturnya dengan baik. Manfaat tersebut akan bisa dirasakan anak ketika mereka sudah beranjak dewasa.

"Anak bisa sehat fisik, emosi, bagus buat perkembangan kehidupan mereka. Kalau belajar (meditasi) dari kecil, lebih awal punya pengetahuan meregulasi emosi dia. Jadi IQ di sekolah jalan, EQ juga jalan," tuturnya.

 

KEYWORD :

Meditasi Anak Kecerdasan Emosional




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :