Kamis, 25/04/2024 15:52 WIB

Pendekatan Agama Jadi Aspek Percepat Kebangkitan Masyarakat Pasca Bencana

memperkuat keimanan jadi salah satu aspek penting untuk percepat kebangkitan masyarakat setelah bencana, maka dari itu Baznas menyelenggarakan acara ini.

Tabligh Akbar dan istighosah di wilayah Sulawesi Tengah

Jakarta - Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Mohd. Nasir Tajang mengatakan, memperkuat keimanan jadi salah satu aspek penting untuk percepat kebangkitan masyarakat setelah bencana, maka dari itu Baznas menyelenggarakan acara dengan pendekatan agama untuk memperkuat iman para korban terdampak bencana

"Baznas ingin keimanan dan akidah para korban bencana tetap terjaga bahkan, dengan adanya tabligh akbar dan istighosah ini diharapkan itu bisa meningkatkan keimanan para masyarakat yang terdampak bencana, " kata Nasir dalam kegiatan Tabligh Akbar dan Istighosah di Masjid Al-Mujahiddin di Desa Wani 2, Tanantovea, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Ahad, (4/11).

Penceramah yang mengisi acara tersebut adalah Ust. Oemar Mita dan Ust. H. M. Abdul Syukur Yusuf. Kegiatan tabligh akbar ini juga dihadiri oleh Gubernur Sulteng yang diwakili Kabiro Kesra, Bupati Donggala, Kasman Lessa, Ketua Baznas Sulteng, Prof. Dr. Dahlia Syuaib, Ketua MUI Sulteng, Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Sulteng, Ketua Muhammadiyah Sulteng, masyarakat Sulteng, dan lain-lain.

Nasir menambahkan, acara Tabligh Akbar dan Istighosah ini diselenggarakan oleh Mualaf Center Baznas yang merupakan dari program recovery Sulawesi Tengah oleh Baznas. Layanan Psikososial bagi para imam masjid yang terdampak gempa juga menjadi perhatian Baznas.

Baznas melakuan pendampingan kepada para imam masjid yang terdampak gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi dalam program kesehatan mental dan psikososial. Dengan tujuan agar menguatkan imam-imam masjid agar kembali berdakwah di tengah pengungsi.

"Selain fokus pada pelayanan ke pengungsi secara umum, Baznas juga memberikan bantuan penguatan akidah melalui Mualaf Center Baznas (MCB) kepada pengungsi korban bencana Palu," kata Nasir.

Selain itu, Baznas juga menggelar pengobatan gratis dan pembagian sembako kepada warga korban gempa dan tsunami.

KEYWORD :

Badan Amil Zakat Nasional Gempa Sulteng Agama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :