Minggu, 29/11/2020 15:26 WIB

Jerman Berikan Rp264 Miliar untuk Korban Gempa Palu

Beberapa peralatan yang digunakan akan disumbangkan dan tetap berada di Indonesia untuk kebutuhan mendatang.

Kerusakan infrastruktur akibat gempa yang terjadi di sekitaran Sulawesi Tengah

Jakarta - Pemerintah Jerman memberikan dana bantuan sebesar EUR1,5 juta (Rp264 miliar) untuk daerah yang terdampak bencana gempa di Sulawesi Tengah kepada Pemerintah Indonesia.

Dalam keterangan tertulisnya, Kedutaan Besar Jerman di Indonesia mengatakan bahwa negara Eropa tersebut mengirimkan selain bantuan dana namun juga bantuan dari Lembaga Bantuan Teknis (THW) berupa 40 generator listrik yang dikirimkan menggunakan pesawat dan akan tiba pada hari ini.

“Generator listrik dapat digunakan untuk memasok listrik kepada masyarakat maupun mengoperasikan sistem komunikasi tang telah mengalami kegagalan di banyak daerah,” tulis keterangan pers tersebut pada Senin.

Bantuan generator listrik itu merupakan permohonan dari Pemerintah Indonesia. Dana bantuan tersebut berasal dari dana bantuan darurat Kementerian Luar Negeri Jerman.

Anggota Organisasi Bantuan Jerman (I.S.A.R) juga memberikan kontribusinya dalam penanganan bencana gempa di Sulawesi Tengah. Sejak Sabtu lalu menurut Kedutaan Besar Jerman, organisasi tersebut telah tiba di Indonesia dan membantu penanggulangan bencana dengan memproduksi air bersih.

Beberapa peralatan yang digunakan akan disumbangkan dan tetap berada di Indonesia untuk kebutuhan mendatang.

Selain bantuan dari Pemerintah Jerman, Pemerintah Indonesia akan menerima bantuan Dana Tanggap Darurat Pusat Perserikatan Bangsa-Bangsa (CERF) sebesar USD15 juta.

TAGS : Gempa bumi Sulawesi Donggala




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :