Sabtu, 15/12/2018 02:33 WIB

Presiden Vietnam Tutup Usia

Sebelumnya ia telah menjabat sebagai Kementerian Keamanan Publik setelah lebih dari empat dekade tanpa toleransi terhadap pertentangan.

Presiden Vietnam (foto: Google)

Jakarta - Presiden Vietnam Tran Dai Quang meninggal pada Jumat pagi di sebuah rumah sakit di Hanoi pada usia 61 tahun, setelah lama menderita penyakit, lapor Kantor Berita Vietnam.

Quang lahir pada 12 Oktober 1956 di provinsi Ninh Binh di Vietnam utara. Dia memegang gelar doktor di bidang hukum dan gelar master di Cina, dan diberikan gelar profesor pada tahun 2009.

Dilansir Xinhua, pada bulan April 2016, Majelis Nasional Vietnam, badan legislatif tertinggi negara itu, memilih Quang sebagai pre siden Vietnam.

Sebelumnya ia telah menjabat sebagai Kementerian Keamanan Publik setelah lebih dari empat dekade tanpa toleransi terhadap pertentangan.

Meski ia memegang salah satu dari empat kekuasaan tertinggi di Vietnam, namun kedudukannya sebagai Presiden dianggap sebagai seremonial belaka. Sebab, kebanyakan pemimpin Vietnam ini hanya melakukan kunjungan ke pimpinan negara lainnya dan mengadakan acara diplomatik untuk meningkatkan profil Vietnam di mata internasional.

Belakangan saat tampil di depan publik, Quang memang tampak kurus dan pucat. Ia bahkan tampak kesulitan untuk berdiri ketika minggu lalu menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo di Hanoi.

Quang terakhir terlihat di depan publik dua hari lalu. Saat itu ia melakukan pertemuan dengan politisi China dan pejabat asing di Hanoi.

TAGS : Presiden Vietnam Tutup Usia Dai Quang




TERPOPULER :