Senin, 17/12/2018 10:54 WIB

Turah Parthayana Beasiswa di Rusia dan Sukses Jadi Youtuber

Dapat beasiswa di Rusia, pemuda asal Denpasar, Bali, Turah Parthayana sukses jadi Vlogger dan Youtuber. Gimana ceritanya?

Turah Parthayana Vologger dan Youtuber yang eksis dari Denpasar, Bali. (Foto : Jurnas/Ginting)

Jakarta- Buat kamu penikmat Vlog dan Youtube pasti akrab dengan pria bernama Turah Parthayana. Pemuda dar Denpasar, Bali ini menempuh pendidikannya di universitas ternama di sebuah Kota kecil Tomsk di Rusia. Ia banyak  banyak memberikan informasi pendidikan dan kehidupannya di Kota kecil Tomsk Rusia yang memiliki suhu dingin ekstrim hingga minus 37 derajat celcius.

Dan kini, Turah sudah menetap di Jakarta. Ia hadir dalam di Pusat Kebudayaan Rusia, Menteng, Jakarta, untuk menjadi seorang influencer bagi para anak anak remaja yang ingin melanjutkannya sekolahnya ke Rusia. Turah berbagi pengalamannya selama bersekolah dan menetap di Tomsk Rusia.

Karena kebetulan, Turah bungsu dari empat bersaudara ini menjalani dua proses bagaimana dirinya bisa bersekolah di sebuah universitas di Tomsk Rusia. Yakni yang pertama melalui sebuah agency pendidikan untuk dapat bersekolah di Rusia, dan yang kedua melalui proses beasiswa yang didapatkannya dari Pusat Kebudayaan Rusia lewat Program Khusus Pendidikannya.

“Iya dapat beasiswa. Dan saya disana ingin menggambarkan Rusia yang sebenarnya kepada orang. Awalnya sih pingin laporan sama ayah saya aja. Jadi pas di Rusia saya ingin gambarkan kehidupan di Rusia yang sebenarnya. Mulai dari suasana dan lainnyalah. Nahhh dari situ jadi sering bikin vlog dan Youtube. Bersukur akhirnya banyak yang lihat. Ayah saya paling pertama yang ikuti atau lihat Youtube saya,” cerita Turah Parthayana, Sabtu (11/8) lalu.

Hanya saja pengalaman unik Turah, biasanya program beasiswa sekolah di Rusia di peruntukkan bagi orang Indonesia yang ada di Indonesia. Sedangkan Turah justru merupakan orang Indonesia yang telah berada di Rusia untuk bersekolah. Dan beasiswa yang diperolehnya berlangsung selama 5 tahun. 1 Tahun untuk belajar Bahasa Rusia, sedangkan 4 tahun sisanya untuk menjalani beasiswa belajar di Rusia.

Turah Parthayana yang sebelumnya membuat Vlog-nya di Tomsk Rusia bersama Parus Story, kini sudah memproduksinya sendiri dengan namanya sendiri `Turah Parthayana`. Meski baru setahun belakangan berlangsung dengan nama Turah Parthayana, namun sudah menghasilkan 47 Vlog dengan 256 ribu subscriber-nya.

Tapi jangan ditanya jumlah penonton Vlog-nya karena sudah menembus  hingga 3 juta kali Ditonton seperti pada Vlog The Life Russian in Apartement; atau 2,5 juta kali Ditonton seperti pada Vlog Cuaca Dingin Ekstrem di Tomsk Russia -37 Derajat dan atau lewat Vlog Boy and Girls in Rusia 1,3 juta kali Ditonton; Jawaban Cewek Russia untuk Anak Indonesia, yang Ditonton 1.1 juta kali; atau Vlog Belajar Bahasa Rusia Langsung sama Orangnya 854 ribu kali Ditonton, dan masih banyak lagi.

“Iya saya merasa beruntung bisa mendapatkan kesempatan untuk bersekolah di sebuah universitas terkenal di Kota Tomsk Rusia, baik melalui jalur agency maupun melalui jalur Program Beasiswa. Cita cita menjadi seorang filmaker juga merasa beruntung karena dari hasil Vlog sudah dapat memenuhi kebutuhan hidupnya selama berada di Kota Tomsk Rusia,” ucap sukur Turah.

Sekarang ini bapak malah lebih sering nanya soal vlog ketimbang soal pendidikan saya. Padahal khan dulu niatnya untuk belajar. Kayaknya bapak sudah jadi fans saya neh,” canda Turah tersenyum.

TAGS : Kabar Artis Turah Parthayana Youtuber




TERPOPULER :