Rabu, 19/09/2018 04:00 WIB

Cawapres Jokowi Harus Paham Problem Ekonomi

Meski telah memenuhi syarat dukungan untuk maju kembali sebagai calon presiden (Capres), Presiden Jokowi belum menentukan siapa cawapres yang akan mendampingi pada Pilpres 2019. Siapa kira-kira yang layak untuk mendampingi Jokowi?

Ekonom INDEF Enny Sri Hartati (kiri), Ketua DPP Golkar Eka Sastra (tengah), Wasekjen PKB Daniel Johan

Jakarta - Meski telah memenuhi syarat dukungan untuk maju kembali sebagai calon presiden (Capres), Presiden Jokowi belum menentukan siapa cawapres yang akan mendampingi pada Pilpres 2019. Siapa kira-kira yang layak untuk mendampingi Jokowi?

Menurut Ekonom INDEF, Enny Sri Hartati, salah satu kriteria terpenting cawapres yang layak untuk mendampingi Jokowi tidak hanya dapat meningkatkan elektabilitas, lebih dari itu harus benar-benar memahami problem ekonomi.

"Salah satu kriteria terpenting cawapres yaitu seseorang yang sangat paham tentang problem ekonomi," kata Enny, dalam sebuah diskusi bertajuk "Mencari Pedamping Jokowi: Visi Ekonomi Cawapres 2019", di Kawasan Cikin, Jakarta, Jumat (20/7).

Figur yang memahami ekonomi, kata Enny, tidak selalu mempunyai background ekonomi. Namum, memiliki kemampuan untuk mengeksekusi persoalan perekonomian di tanah air.

"Misalnya dia paham ekonomi tetapi tidak punya power untuk mengeksekusi apa yang seharusnya dilakukan juga percuma," terangnya.

Enny menjelaskan, kekuatan ekonomi bangsa Indonesia bukan hanya di pasar, tetapi di sumber daya yang betul-betul memahami ekonomi kerakyatan.

"Artinya kriteria yang paham ekonomi adalah orang yang mempunyai sisi ekonomi kerakyatan dan bukan yang selalu berorientasi kepada pasar dan jelas itu bukan Ibu Sri Mulyani," tegasnya.

TAGS : Pilpres 2019 Cawapres Presiden Jokowi Golkar




TERPOPULER :