Kamis, 15/11/2018 20:04 WIB

Keputusan Donald Trump Ditentang Ketua Legislatif AS

Pengenaan tarif bukan

Bendera kebangsaan China berkibar di sekitar kontainer (Foto: Reuters)

Washington - Ketua Dewan Perwakilan Amerika Serikat (AS), Paul Ryan menentang keputusan Donald Trump  mengenakan tarif pada impor baja dan aluminium. Ia mengatakan, pengenaan tarif bukanlah mekanisme yang tepat untuk menghukum praktik perdagangan yang tidak adil yang dilakukan oleh Tiongkok.

"Saya tidak ingin melumpuhkan taktik bernegosiasi presiden, tapi saya sudah lama mengatakan, saya tidak berpikir tarif solusi keluar dari ketidak adilan itu," kata Ryan pada konferensi pers setelah pertemuan House Republicans pada Rabu (11/7) waktu setempat, dilansir CBS News, Kamis (12/7).

"Saya pikir ada praktik perdagangan yang tidak adil, terutama yang dilakukan China. Kita dan sekutu  harus menyelesaikannya, itu yang lebih penting. Saya tidak berpikir tarif adalah mekanisme yang tepat untuk melakukan itu."

Pada Selasa, Administrasi Trump menaikkan tarif 10 persen pada impor China senilai USD200 miliar. Pasa Jumat sebelumnay, AS memberlakukan tarif 25 persen pada USD34 miliar barang-barang China, dan kemudian Beijing menanggapi dengan mengenakan pajak sama.

Ryan menjadi kritikus yang sudah berlangsung lama tentang penggunaan tarif yang agresif. Pad Mei, ia keluar sebagai penentang terhadap keputusan Trump mengenakan tarif impor baja dan aluminium dari sekuturnya, Uni Eropa, Kanada dan Meksiko.

Ryan merupakan, satu-satunya anggota Kongres dari Partai Republik yang menyuarakan keprihatinan konsekuensi perang dagang habis-habisan atara dua ekonomi terbesar dunia.

TAGS : China Amerika Serikat perang dagang




TERPOPULER :