Jum'at, 20/07/2018 13:39 WIB

PBB Kecam Penutupan Jalur Bantuan ke Gaza

Israel mengatakan pihaknya menutup penyeberangan Kerem Shalom pada Senin untuk semua hal kecuali bantuan kemanusiaan yang mendesak untuk menanggapi layang-layang dan balon pembakar.

Logo PBB (Foto: Beapeacekeeper)

Jerusalem – Perserikantan Bangsa-Bangsa (PBB) mengecam penutupan Israel dari satu-satunya penyeberangan kargo ke Jalur Gaza. Ia memperingatka, tindakan itu bisa memiliki konsekuensi negatif.

Dalam sebuah pernyataan, Koordinator Khusus PBB, Nickolay Mladenov mendesak Israel untuk membalikkan keputusannya itu.

Israel mengatakan pihaknya menutup penyeberangan Kerem Shalom pada Senin untuk semua hal kecuali bantuan kemanusiaan yang mendesak untuk menanggapi layang-layang dan balon pembakar yang telah diterbangkan dari Gaza ke Israel selama beberapa bulan terakhir.

Israel dan Mesir telah mempertahankan blokade di Gaza selama lebih dari satu dekade dalam upaya untuk melemahkan Hamas. Akibat blokade tersebut, Yerusalam mengalami kesulitan ekonomi yang meluas.

Mladenov  mengaku khawatir tentang konsekuensi dari penutupan jalur bantuan itu.  Ia mendesak para pemimpin Hamas yang militan Gaza untuk menjaga ketenangan, menghentikan layang-layang pembakar dan mencegah provokasi lainnya.

Layang-layang yang membakar lahan pertanian Israel, terjadi di tengah-tengah demonstrasi hampir setiap minggu yang dipimpin oleh Hamas di sepanjang perbatasan yang bergejolak sejak akhir Maret.

Demonstrasi sebagian besar dipicu oleh keputusasaan yang disebabkan oleh blokade, yang mengakibatkan pemadaman listrik  dan pengangguran mendekati 50 persen.

Lebih dari 130 orang Palestina telah terbunuh oleh tembakan Israel, yang menimbulkan kecaman internasional terhadap Israel.

Israel mengatakan demonstran  mencoba menyusup ke Israel menyerang tentara atau warga sipil. Ia menyebutnya memiliki kewajiban  melindungi warganya dalam menghadapi teror dan senjata penyelundupan." 

Pada Selasa, militer mengatakan menghentikan kapal Palestina yang berusaha memecahkan blokade laut, yang membatasi warga Palestina berlayar lebih dari enam mil laut di lepas pantai Gaza.

Ini adalah upaya kedua yang dilakukan dalam dua bulan terakhir untuk menembus blokade. Kapal itu membawa 10 penumpang, tujuh di antaranya adalah pasien medis.

TAGS : Gaza Israel PBB




TERPOPULER :