Kamis, 19/07/2018 20:41 WIB

Megawati: Si Anak Hilang Kembali Pulang dan Tambah Ngetop

Khusus untuk Cak Imin, mantan presiden ke-4 ini tak lupa memberi sentilan sekaligus guyonan.

Muhaimin Iskandar berswafoto bersama Megawati Soekarnoputri.

Blitar - Ada yang menarik dalam peringatan haul Bung Karno di Blitar pada Rabu siang (20/6). Anak Bung Karno yang sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri tampak duduk bersisian dengan keponakan Gus Dur, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, ketua umum PKB. Dalam ziarah peringatan haul ke-48 itu keduanya tampak kompak dan khusuk berdoa sambil melantunkan tahlil.

Megawati, dalam sambutanmya di sela-sela acara haul mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kehadiran para peserta. Khusus untuk Cak Imin, mantan presiden ke-4 ini tak lupa memberi sentilan sekaligus guyonan.

"Ini ada si anak hilang, yang sudah balik lagi. Namanya Imin alias Cak Imin. Tapi si anak hilang ini sudah terkenal sekarang. Sudah ngetop. Iya, bener," katanya sambil tersenyum. Cak Imin menyambut komentar ini pun dengan senyum sambil mengangguk-angguk.

Sebutan "anak hilang yang balik lagi" menjadi semacam panggilan sayang Megawati kepada Cak Imin. Sepuluh tahun pemerintahan SBY, PKB yang dikomandani Cak Imin menjadi bagian dari koalisi pemerintah. Sementara PDIP berperan sebagai oposisi. Keduanya bertemu kembali di 2014, saat sama-sama menjadi pengusung utama Joko Widodo.

Istilah "pulang" mungkin dipakai Megawati karena di awal-awal karir politik Cak Imin, Gus Dur sempat "menitipkan" dirinya dan Gus Ipul (calon gubernur Jatim) kepada Mega. Masuknya PKB ke barisan pengusung utama Jokowi berarti membawa Cak Imin pulang ke dekat "ibu angkatnya" itu, setelah 10 tahun "hilang".

Gencarnya kampanye Cak Imin sebagai cawapres dengan pendirian posko-posko Cinta dan JoIn (Jokowi Muhaimin) memang meningkatkan popularitas Cak Imin dan PKB secara cukup signifikan. Guyonan "tambah ngetop" dari Megawati tentu ada kaitannya dengan itu. Di samping menunjukkan dekatnya hubungan emosional antara dirinya dan Cak Imin.

Acara Haul Bung Karno ini juga dihadiri oleh pasangan cagub dan cawagub Jatim, Puti Sukarnoputri dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Dalam momen ini Megawati pun "mendapatkan kembali" kedua anaknya.

TAGS : Megawati Cak Imin Haul Bung Karno




TERPOPULER :