Kamis, 21/06/2018 13:43 WIB

Panganan Khas Lebaran Berbagai Daerah di Indonesia

Selain ketupat, opor ayam, dan gulai ayam, berikut hidangan khas Lebaran dari berbagai daerah di Indonesia. Mana saja yang pernah Anda coba?

Setiap daerah miliki makanan yang khas saat Lebaran (Foto: Detik Travel)

Jakarta - Hari Raya Idul Fitri menjadi salah satu hari libur yang paling ditunggu-tunggu. Momen Lebaran diisi dengan bermaaf-maafan, silaturahmi dengan keluarga, dan pastinya makan-makan.

Lebaran identik dengan ketupat sebagai makanan yang wajib ada. Biasanya ketupat dinikmati dengan berbagai lauk seperti sayur lodeh, opor ayam, sambal goreng, dan banyak lainnya.

Berikut beberapa lauk khas Lebaran di Indonesia yang nggak boleh ketinggalan seperti yang dilansir dari laman Skyscaneer:

1. Soto Banjar, Banjarmasin

Soto Banjar bukan hanya menu makanan yang biasa dinikmati sehari-hari, tapi juga menjadi andalan orang Banjar saat Lebaran. Kuahnya yang ringan ditambah cita rasa asam segar memberi sensasi lain, di tengah hidangan lebaran yang umumnya tergolong ‘berat’.

2. Semur Betawi, Jakarta

Meski terkesan sebagai masakan orang suku Jawa, tapi semur sebenarnya adalah sajian masakan khas suku Betawi. Umumnya, makanan ini disajikan sebagai hidangan saat puasa dan Lebaran, meski tetap sedap bila disantap di waktu lain. Selain semur dengan bahan dasar daging, orang Betawi juga membuat semur lainnya, yaitu Semur Jengkol.

3. Ayam Gagape, Makassar

Di Pulau Jawa, masyarakat umumnya menyajikan ketupat dengan Opor Ayam, tapi di Makassar, Ayam Gagape adalah pendampingnya. Tak jarang juga ada orang-orang yang menyantap ketupat bersamaan dengan Coto, kuliner khas Makassar lainnya.

4. Gulai Nangka Muda, Medan

Sedikit berbeda dengan tetangganya, Aceh, di Medan sajian khas Lebaran untuk pendamping ketupat adalah Gulai Nangka Muda. Namun umumnya, gulai ini juga dicampur dengan potongan iga sapi dan kacang panjang. Rasanya? Nikmat sekali!

5. Rendang, Padang

Di daerah Padang, Lebaran nggak lengkap rasanya kalau nggak masak rendang. Kuliner yang cita rasanya sudah go international ini memang juara nikmatnya kalau disantap bersama ketupat.

Potongan daging sapi dimasak bersama santan dan bumbu halus yang kaya rempah menghasilkan rasa yang khas banget. Tampilan rendang memiliki warna cokelat kehitaman dan bumbu yang berminyak.

TAGS : Lebaran Panganan Khas Indonesia




TERPOPULER :