Sabtu, 23/11/2019 09:10 WIB

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Bila memang ibu diperbolehkan untuk berpuasa, ada syarat yang harus dijalani, yaitu tetap mampu memenuhi kebutuhan nutrisi.

Ilustrasi ibu hamil

Jakarta - Ibu hamil diberi keringanan untuk tidak berpuasa atau membatalkan puasa dan menggantinya di hari lain. Meski demikian, masih banyak ibu hamil yang tetap ingin menjalankan puasa karena merasa sanggup. Yang harus Anda ketahui, ada hal-hal yang penting untuk dilakukan agar kehamilan tidak terganggu.

Bagi ibu hamil,  sebaiknya ibu berkonsultasi terlebih dahulu sekaligus memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan apakah bisa berpuasa. Bila memang ibu diperbolehkan untuk berpuasa, ada syarat yang harus dijalani, yaitu tetap mampu memenuhi kebutuhan nutrisi, baik bagi ibu sendiri maupun janin yang dikandung.

Berikut adalah beberapa tips berpuasa bagi ibu hamil:

Saat Sahur:

# Pilihlah makanan yang mengandung protein dan lemak dalam jumlah cukup, misalnya daging dan telur. Kedua jenis zat gizi tersebut dapat bertahan lebih lama di pencernaan sehingga memperlambat rasa lapar di siang hari.

# Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, baik dikonsumsi karena dapat membuat ibu kenyang lebih lama.

#Untuk menjaga vitalitas tubuh, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti buah dan sayuran, serta makanan dengan kandungan zinc yang tinggi seperti daging, ikan, dan susu.

# Ibu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa.

# Hindari makanan manis saat sahur karena akan merangsang produksi hormon insulin untuk membakar gula darah. Akibatnya, kadar gula darah menurun, sehingga Ibu merasa lemas dan cepat lapar.

# Jangan lupa minum air putih yang banyak agar tidak mengalami dehidrasi.

TAGS : tips puasa hamil nutrisi sehat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :