Rabu, 12/12/2018 14:59 WIB

5 Masalah Kesehatan yang Memalukan dan Solusinya

Beberapa masalah kesehatan dapat mengganggu kehidupan sosial serta bisa membuat Anda membatasi diri bergaul.

Ilustrasi Gigi Sehat


Jakarta - Apakah Anda pernah membatasi diri untuk bergaul dengan teman komunitas, tempat kerja bahkan saat acara keluarga? Beberapa masalah kesehatan dapat mengganggu kehidupan sosial serta bisa membuat Anda membatasi diri karena malu dengan diri Anda sendiri.

Berikut adalah lima masalah kesehatan umum yang memalukan bagi sebagian besar orang.

1. Bau Mulut
Bau mulut, juga disebut halitosis, menyebabkan rasa malu, menghambat interaksi sosial, dan juga menurunkan kualitas hidup. Ketidaktahuan terhadap kesehatan mulut menjadi salah satu kontributor utama untuk timbulnya bau mulut. Misalnya, kurangnya kebersihan mulut dan menyikat gigi yang baik dapat meninggalkan partikel makanan di dalam mulut Anda.

Partikel makanan ini dapat bertindak sebagai sumber potensial bagi bakteri di dalam mulut untuk menghasilkan bau berbahaya, yang menyebabkan bau mulut. Menjaga kebersihan mulut yang baik dan mengunjungi dokter gigi Anda secara teratur dapat membantu mengatasi masalah napas yang buruk.

2. Bau Badan
Orang yang sadar bahwa mereka memiliki masalah bau badan cenderung menghindari atau meminimalkan interaksi sosial. Bau badan umumnya disebabkan keringat. Namun, sebenarnya keringat tidak berbau. Melainkan adanya aktivitas bakteri pada keringat yang melepaskan bau yang tidak menyenangkan.

Inilah sebabnya mengapa daerah-daerah tubuh tertentu (seperti ketiak) yang lebih rentan berkeringat lebih mungkin untuk memancarkan bau tak sedap. Langkah paling penting yang perlu Anda ambil untuk menghilangkan bau badan adalah menjaga kebersihan pribadi semaksimal mungkin. Mandi teratur dan menjaga kulit Anda bersih dan bebas bakteri akan membantu menjaga bau badan tetap kontrol.

3. Gigi Sensitif
Menikmati es krim bersama keluarga di pesta pernikahan atau menyeruput kopi panas dengan teman-teman di akhir pekan sangat menyenangkan. Tetapi tidak ketika Anda tahu bahwa itu hanya akan membuat gigi sakit. Orang dengan gigi sensitif tidak hanya mengalami pengalaman yang menyiksa dengan makanan dan minuman panas dan dingin.

Ketidaknyamanan yang demikian dapat menurunkan kepercayaan diri dan menyulitkan Anda untuk terlibat dalam situasi sosial sehari-hari. Kepekaan gigi biasanya akibat dari email gigi yang aus atau akar gigi yang terekspos. Ini adalah kondisi yang tidak akan hilang dengan sendirinya dan akan memburuk seiring waktu.

Untungnya, sensitivitas gigi dapat diobati dan ada solusi mudah untuk menyingkirkannya. Jadi, jika Anda khawatir tentang gigi sensitif, bicaralah dengan dokter gigi. Dia mungkin menyarankan pasta gigi khusus sensitif untuk membantu merawat sensitivitas gigi.

4. Gigi Kuning
Senyum yang putih dan cerah tidak hanya meningkatkan rasa percaya diri, tetapi juga bisa membuat Anda terlihat lebih muda. Seseorang dengan gigi kuning menghindari tersenyum atau cenderung merasa malu secara sosial untuk menunjukkan gigi mereka.

Tetapi apakah Anda tahu pelaku potensial yang dapat menyebabkan gigi menguning? Nah, ada beberapa penyebab perubahan warna gigi, termasuk minuman seperti teh, kopi atau cola, penggunaan tembakau, dan kebersihan gigi yang buruk.

Dengan membuat beberapa perubahan gaya hidup sederhana, Anda mungkin dapat mencegah perubahan warna gigi. Misalnya, jika Anda adalah seorang peminum teh/kopi, pertimbangkan untuk mengurangi atau menghentikan semuanya bersama-sama. Selain itu, penggunaan pasta gigi pemutih dapat membantu menghilangkan noda dan mencerahkan senyuman Anda.

5. Jerawat
Jerawat dapat membuat seseorang stress, kurang percaya diri sehingga membatasi diri bergaul atau berusaha menyembunyikannya. Ini dapat menyebabkan orang menjadi sangat tertekan.

Jika seseorang berusia 16 atau 65 tahun, cara terbaik untuk mengatasi masalah jerawat adalah dengan menahan dorongan untuk menggaruk, memecahkan jerawat dan sebaliknya. Konsultasikan masalah jerawat Anda dengan dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

TAGS : Bau Mulut Masalah Kesehatan Percaya Diri




TERPOPULER :