Selasa, 20/11/2018 06:54 WIB

Blusukan ke Papua Barat, YKPI Gencarkan Deteksi Dini Kanker Payudara

Umumnya, masyarakat baru bersedia memeriksakan payudara mereka ketika kanker sudah berada di stadium lanjut.

Linda Gumelar (dua dari kiri) menyerahkan alat USG kepada RS Marthen Inder Jayapura

Jakarta – Memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada 4 Februari lalu, Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) terus menyosialisasikan pentingnya melakukan deteksi dini kanker payudara kepada masyarakat.

Dan kali ini, bekerjasama dengan Persit KCK Koorcab Rem 171 Sorong, Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari dan Yayasan Kemala Bhayangkari, YKPI melakukan sosialisasi di Papua Barat pada 19 hingga 21 Februari 2018 mendatang.

Menurut Ketua YKPI Linda Gumelar, sosialisasi semacam ini penting dilakukan karena deteksi dini kanker payudara berguna untuk pengobatan yang lebih efektif. Umumnya, masyarakat baru bersedia memeriksakan payudara mereka ketika kanker sudah berada di stadium lanjut.

“Stigma di masyarakat kan kalau kanker payudara ujung-ujungnya meninggal. Padajal, banyak yang bertahan hidup jika ditemukan pada tahap awal,” kata Linda saat membuka rangkaian acara di Papua Barat, Senin (19/2).

Selain melibatkan organisasi perempuan, ratusan peserta dari kalangan guru, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum dipastikan akan menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut.

“Semua kalangan, siapapun dan di manapun mereka berada harus mendapatkan sosialisasi yang sama untuk mendeteksi secara dini penyakit kanker payudara ini. Saya sangat senang YKPI punya kesempatan bisa bertemu masyarakat Papua,” katanya penuh semangat.

Selama sosialiasai tiga hari di Papua Barat, Linda ditemani oleh dr. Bob Andinata SpB(K) Onk dari Rumah Sakit Dharmais Jakarta.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, pada 2015 jumlah kematian yang disebabkan oleh kanker payudara di Papua mencapai 136 kematian. Jumlah ini bertambah pada 2016 menjadi 145 kematian, dan 2017 menjadi 45 kematian.

Acara pembukaan rangkaian deteksi dini kanker payudara di Papua juga diisi dengan penyerahan seperangkat alat USG, kepada Rumah Sakit Marthen Inder Jayapura. Alat USG tersebut diserahkan melalui Persit Kartika Chandra Kirana PD XVII.

“Terima kasih untuk Pertamina cabang Jayapura yang menyambut baik inisiatif YKPI dalam pengadaan alat USG ini. Saya harap dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujar Linda didampingi Pjs General Manager Pertamina Jayapura Fanda Chrismianto, dan Ketua Persit Chandra Kirana Daerah SVII/Cendrawasih Sandra George Supit.

TAGS : YKPI Kanker Payudara Linda Gumelar




TERPOPULER :