Jum'at, 26/04/2024 18:51 WIB

Kenali, Ini Bahaya Membully Anak-anak

Anak-anak berusia 18 tahun yang lebih sering diintimidasi saudara di usia muda kemungkinan besar mereka mengalami gangguan psikotik.

Seorang anak yang dibully saudara kandungnya berisiko gangguan psikotik (Via Upi).

Jakarta - Penelitian dari University of Warwick mengemukakan bahwa anak-anak kecil yang sering digertak atau diganggu saudaranya diketahui berisiko mengalami gangguan psikotik atau kelainan jiwa. 

Anak-anak yang berusia 18 tahun yang jadi korban atau diganggu beberapa kali dalam seminggu atau bulan memiliki kemungkinan dua sampai tiga kali lebih besar mengalami gangguan psikotik, seperti skizofrenia atau gangguan bipolar.

"Jika bullying terjadi di rumah dan di sekolah, risiko gangguan psikotik lebih tinggi lagi," kata penulis pertama Slava Dantchev dalam keteragannya.

"Risiko mereka empat kali lebih tinggi. "Remaja ini tidak memiliki tempat yang aman," sambungnya, dikutip dari UPI, Sabut (17/2)

Studi tersebut melibatkan hampir 3.600 anak muda yang menyelesaikan kuesioner terkait perlakuan intimidasi saudaranya pada pada usia 12, kemudia diperiksa setelah berusia 18 tahun 

"Saat berusia 12 tahun, 664 anak-anak mengatakan, mereka diganggu oleh saudara kandungnya, 486 mengatakan, mereka digertak saudara mereka, dan 771 adalah diganggu. Pada usia 18 tahun, 55 anak mengalami gangguan psikotik," kata penulis penelitian tersebut.

Temuan tersebut menegaskan, anak-anak berusia 18 tahun yang lebih sering diintimidasi saudara di usia muda kemungkinan besar mereka mengalami gangguan psikotik.

Namun, Dantchev mencatat, meskipun para periset sudah mempertimbangkan banyak faktor kesehatan mental dan sosial yang sudah ada sebelumnya, tidak dapat dikesampingkan, masalah hubungan sosial mungkin merupakan awal mula masalah kesehatan mental yang serius daripada penyebabnya.

Menurut penulis studi senior Dieter Wolke, "Membully saudara kandung  sampai saat ini, secara luas diabaikan sebagai trauma yang dapat menyebabkan masalah kesehatan mental yang serius, seperti gangguan psikotik."

Wolke mengatakan, bullying  terhadap saudara dapat memiliki efek kesehatan mental jangka panjang, kata periset, penting bagi orang tua dan profesional kesehatan menemukan cara untuk mengurangi atau mencegahnya lebih din

KEYWORD :

Bully Kesehatan Pelelitian Psikotik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :