Kamis, 18/07/2019 20:03 WIB

DPR Dorong Peningkatan Anggaran KPK

Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menjamin kesimpulan dan rekomendasi Pansus Angket DPR tidak akan melemahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua DPR, Bambang Soesatyo

Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menjamin kesimpulan dan rekomendasi Pansus Angket DPR tidak akan melemahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurutnya, rekomendasi Pansus Angket DPR justru akan memperkuat institusi pemberantasan korupsi itu. Adalah dengan meningkatkan anggaran KPK dibidang pencegahan.

"DPR akan mendorong peningkatan anggaran KPK khususnya dibidang pencegahan melalui upaya-upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyatakat agar prilaku korup yang makin masif ini bisa dikurangi," kata Bamsoet, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (5/2).

Selain itu, kata Bamsoet, tidak ada yang namanya DPR maupun presiden ataupun pemerintah, ikut campur dalam pembetukan dewan pengawas yang direkomendasikan DPR kepada KPK.

"Itu semua diserahkan sepenuhnya pada KPK untuk melaksakannya atau tidak. Yang pasti, kerja pansus kan harus ada ujungnya. Dan ujungnya ya, kesimpulan dan rekomendasi itu," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Bamsoet berharap, agar penyelesaian pansus hak angket KPK ini bisa berakhir soft landing dan makin mendekatkan hubungan DPR dengan KPK.

"Karena sesungguhnya tanggung jawab kita sama. Yaitu melayani dan mensejahterakan masyarakat, khususnya dalam hal pemberantasan korupsi melalui kewenangan masing-masing yang diberikan oleh UU," katanya.

TAGS : Pansus Angket KPK Ketua DPR Bambang Soesatyo




TERPOPULER :