Selasa, 27/10/2020 08:06 WIB

Siap-siap, Besok Ada Supermoon

Supermoon kali ini merupakan fenomena langka, di Amerika fenomena ini baru akan terulang 100 tahun lagi sementara di Indonesia 36 tahun mendatang.

Penampakan Supermoon di Marseille, Prancis, Minggu (3/12) | foto: Jean-Paul Pelissier/Reuters

Jakarta – Fenomena Super Blue Blood Moon atau Supermoon akan mengitari bumi pada 31 Januari besok. Fenomena langka ini akan terulang 100 tahun lagi sementara di Indonesia 36 tahun mendatang.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, mengatakan Fenome ini terjadi akibat terjadinya gerhana bulan total atau saat posisi matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis lurus.

"Supermoon kali ini merupakan fenomena langka, di Amerika fenomena ini baru akan terulang 100 tahun lagi sementara di Indonesia 36 tahun mendatang," ujar Dwikorita.

Supermoon begini, ujar Dwikorita, pernah mengunjungi Indonesia 30-31 Desember 1982 lalu.

Proses gerhana Supermoon dapat nikmati di Samudera Pasifik, Australia, sebelah timur Asia, dan bagian barat laut Amerika.

Di Indonesia, ujar Dwikorita, gerhana bulan total akan terjadi pada pukul 20.29 WIB. Fenomena Supermoon ini dapat diamati mulai dari perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, melintasi Samudera Hindia, hingga ke sebelah barat Sumatera

"Sebelah barat Sumatera merupakan zona bulan terbit saat fase gerhana penumbra berlangsung," kata Dwikorita.

Pengamatan bersama fenomena Supermoon ini berlangsung di sejumlah tempat di Indonesia. Di antaranya di Observatorium Boscha, Planetariaum, Taman Mini Indonesia Indah, Setu Babakan, Makassar dan Jam Gadang Bukt Tinggi. (AA)

 

 

TAGS : Supermoon BMKG




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :