Minggu, 26/01/2020 09:48 WIB

Enaknya, Penumpang Bebas Gunakan HP di Pesawat Ini

China Airlines (foto: google)

Jakarta - Beberapa maskapai penerbangan China mulai mengizinkan penumpang menggunakan ponsel dalam mode penerbangan, seperti yang bisa dilakukan pada banyak maskapai internasional di dunia.

Hingga Kamis, telepon harus benar-benar dimatikan saat terbang di sebuah maskapai penerbangan China. Namun perangkat elektronik portabel lainnya bisa digunakan dalam mode penerbangan, sedangkan pada pesawat dengan Wi-fi, penumpang bisa mengakses internet menggunakan tablet dan laptop tapi bukan ponsel.

China Eastern Airlines dan Hainan Airlines mencabut larangan tersebut sejak Kamis (18/01) setelah otoritas penerbangan sipil China pada September lalu mengatakan akan menyerahkan kepada operator tentang hal itu. Perubahan tersebut juga berlaku untuk anak perusahaan Hainan Lucky Air.

Spring Airlines, maskapai anggaran terbesar di negara itu, menyusul pada Kamis, mengumumkan bahwa mereka akan mengizinkan ponsel digunakan dalam mode penerbangan mulai bulan depan.

Hainan Airlines dan China Eastern Airlines telah mencabut larangan tersebut, dan Spring Airlines juga akan mengizinkan telepon untuk digunakan dalam mode penerbangan mulai bulan depan.

Pembatasan China terhadap penggunaan perangkat elektronik portabel pada penerbangan datang dengan hukuman yang berat, lantaran pelanggaran peraturan kabin dianggap merusak ketertiban umum dan dapat mengakibatkan penahanan hingga 10 hari.

Awal tahun lalu, polisi Beijing menahan tiga penumpang dalam sebulan karena diduga menggunakan ponsel mereka selama penerbangan, menurut Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC). Salah satu dari mereka ditahan selama lima hari karena mendengarkan musik di teleponnya saat lepas landas dan mendarat.

Penumpang udara China dapat segera diizinkan untuk menggunakan smartphone dan tablet selama penerbangan. Tapi aturannya tidak selalu ditegakkan dengan ketat. Beberapa pelancong berkomentar di media sosial mengakui bahwa mereka tidak pernah mematikan ponsel mereka di pesawat terbang namun beralih ke mode penerbangan, dan mereka tidak pernah tertangkap.

Pencabutan larangan tersebut disambut baik para penumpang dengan berbagi foto selfie yang diambil di telepon mereka selama penerbangan dengan kedua maskapai tersebut.

"Akhirnya, saya terbang ke seluruh dunia dan hanya maskapai China yang melarang penggunaan ponsel dalam mode penerbangan," tulis seorang pengguna di Weibo, platform microblogging Twitter milik China.

"Kami telah tertinggal di belakang negara-negara lain selama bertahun-tahun dan sekarang ini menjadi sesuatu untuk dipuji," tulis orang lain di Weibo.

Federal Aviation Administration di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa sebagian besar pesawat komersial dapat mentolerir sinyal gangguan radio dari perangkat elektronik portabel. Selanjutnya pada 2013 memperluas penggunaannya oleh penumpang ke semua tahap penerbangan.

Namun  di China, CAAC tidak meredakan kebijakannya sampai musim gugur tahun lalu ketika merevisi peraturan penerbangan, dengan masing-masing maskapai penerbangan sekarang dapat mengajukan izin jika memutuskan membolehkan penumpang menggunakan perangkat elektronik portabel selama penerbangan.

TAGS : China Maskapai Penerbangan Pesawat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :